Lima Pemain Sepakbola Muslim yang Terkenal Dermawan, Satu Diantaranya Membawa Negaranya ke Semifinal Piala Dunia

Ilo
Ilo | Sports
oleh

TAK sedikit pemain sepakbola muslim yang punya jiwa sosial sangat tinggi. Mereka dikenal dermawan dan suka membantu masyarakat di negaranya yang kesusahan ekonomi.

Berikut pemain-pemain muslim yang masih aktif dan paling terkenal kedermawannya.

1.

Pemain Timnas Maroko, Hakim Ziyech memang jarang mengekspos kehidupan pribadinya di media sosial. Namun belakangan diketahui ia sangat dermawan.

Lihat saja bagaimana keputusannya memberikan uang bonus yang besarnya mencapai miliaran seiring keberhasilan Maroko menembus semifinal Piala Dunia 2022 Qatar untuk amal dan orang miskin di negaranya, Maroko.

Pemain Chelsea ini bahkan tidak mengambil satu sen pun pendapatannya sejak ia membela Timnas Maroko pada tahun 2015 lalu hingga sekarang.

Jurnalis Khaled Beydoun mengungkapkan, Ziyech sedianya akan mendapat £262.000 sekitar Rp 5 miliar dari perjalanan Timnas Maroko ke semifinal Piala Dunia.Namun uang tersebut semuanya akan diberikan kepada orang-orang miskin di tanah kelahirannya.

Ziyech juga dilaporkan telah menyumbangkan uang ke klub sepak bola amatir dan rumah sakit di negaranya Maroko.

Ziyech sendiri dikenal sebagai pemain yang menjaga privasinya rapat-rapat, bahkan jarang mem-posting soal keluarganya di sosial media.

 

2.

Pemain Bayern Munchen  juga dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Striker 30 tahun itu kerap memberikan bantuan kepada orang lain atau masyarakat yang membutuhkan.

Mantan pemain Liverpool itu selalu berusaha memberikan bantuan untuk negara asalnya Senegal dengan berbagai cara.

Mane pernah menyumbangkan penghasilannya untuk membangun sebuah rumah sakit dan juga beberapa masjid di kampung halamannya, Bambali.

Untuk membangun sebuah rumah sakit di Bambali, Mane rela mengeluarkan uang sebesar 445 ribu poundsterling atau sekitar Rp8 miliar.

Selain membangun masjid dan rumah sakit, Mane juga telah membangun stasiun bahan bakar (SPBU) dan kantor pos di Bambali.

Pemain kelahiran 10 April 1992 itu juga telah menghabiskan dana sebesar 250 ribu euro atau sekitar Rp3,9 miliar untuk membangun sekolah di Bambali.

Bahkan Mane juga memberikan fasilitas laptop kepada setiap anak yang bersekolah dan memberikan bea siswa sebesar 400 US Dollar atau sekitar Rp6 juta bagi siswa-siswa yang berprestasi. Bukan hanya itu Mane juga menyediakan wifi gratis yang bisa diakses di seluruh tempat Bambali.

Selain itu Mane juga rutin memberikan santunan kepada setiap keluarga yang kurang mampu di Bambali dengan santunan sebesar 70 euro atau sekitar Rp1 juta setiap bulan.

 

3. Mohammed Salah

Pemain satu ini juga bukan termasuk pesepakbola pelit.Menurut laporan Liverpool Echo, Salah terpilih sebagai salah satu orang paling dermawan di Inggris. Data dari Charities Aid Foundation, penyerang asal Mesir itu menempati urutan ke-8.

Salah tercatat menyumbang mencapai 2,5 juta paun belakangan ini, atau sekitar Rp 45,6 miliar, dari total pendapatannya di 2022, yang ditaksir mencapai 41 juta paun atau Rp 749 miliar.

Pada 2019, Salah tercatat pernah menyumbang dana yang hampir sama, yani 2,4 juta paun. Pesepakbola berusia 30 tahun itu memberi bantuan untuk Institut Kanker Nasional di Kairo.

 

4.

merupakan salah satu pemain muslim yang paling dermawan.

Ozil dikenal sering membantu mereka yang kelaparan, sakit dan tunawisma.

Kedermawan Ozil diungkap Agennya Dr Erkut Sogut dimana mantan pemain Arsenal dan Real Madrid itu pernah membayar 1.000 operasi vital untuk anak-anak di seluruh dunia.

Kemudian memberi makan 100.000 tunawisma di 16 kamp pengungsi di Turki dan Suriah. Ia juga membayar 240.000 pounds untuk mendanai operasi bagi anak-anak yang sakit di Brasil

Bahkan, pada hari pernikahannya dengan mantan Miss Turki, Amine Gulse, Ozil berjanji untuk membiayai 1.000 operasi untuk anak-anak yang membutuhkan di seluruh dunia.

“Dia (Ozil) mengatakan kepada saya ‘Saya ingin melakukan ini lebih besar. Mari kita ubah kehidupan 1.000 anak, mari kita lakukan 1.000 operasi,” kata Sogut menceritakan, dikutip dari the Sun.

“Aku berkata, ‘Ini akan menghabiskan biaya jutaan'. Tetapi dia menjawab, ‘Jika saya tidak membagikan uang saya sekarang, kapan saya akan berbagi? Dan dengan siapa?'” jelas dia.

 

5.

merupakan pesebakbola muslim yang dikenal taat dan dermawan. Pria berdarah Aljazair ini menolak minum alkohol seperti kebanyakan pemain saat merayakan kemenangan atau pesta juara.

Benzema juga punya sisi dermawan. Pada 2013, dia pernah menyumbangkan uang 3 juta Euro ke sebuah masjid di daerah kelahirannya, Lyon, Prancis.

Sumbangan itu diberikan setelah temannya mengabari bahwa ada masjid di Lyon butuh dana 6 juta Euro untuk pembangunan. Benzema menginfak setengah dari kebutuhan.

Khusus Benzema, ia juga sedianya memperkuat Prancis di Piala Dunia 2022. Namun karena cedera, ia belum tampil sekalipun di Qatar. Namun belakangan dikabarkan cederanya sembuh. Dan boleh jadi Benzema akan dimainkan di partai final melawan Argentina.

Well. Sudah jago main bola, kepribadian pesepakbola ini ternyata luar biasa ya. Patut dicontoh untuk pesepakbola lainnya. (red)

(tbc)