Bergabung dengan Klub Arab, CR7 Seperti Kena Karma

Ilo
Ilo | Sports
oleh

ARAB SAUDI – Cristiano Ronaldo akhirnya resmi bergabung dengan klub asal Arab Saudi Al-Nassr. Namun, kepindahan ini dinilai sebagai ‘karma' atas ucapannya di masa lalu.

CR7 bergabung dengan Al-Nassr dengan kesepakatan gaji lebih dari 200 juta euro (sekitar Rp3,3 triliun) per tahun.

Melalui akun Twitter resmi mereka, memperkenalkan Ronaldo sebagai pemain baru mereka dengan kontrak berdurasi dua tahun. Itu akan membuatnya bermain di Arab Saudi sampai berusia 40 tahun.

“Membuat sejarah baru. Ini adalah penandatanganan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar, tetapi juga menginspirasi liga, bangsa kami dan generasi masa depan, anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Selamat datang @Cristiano di rumah barumu @AlNassrFC,” tulis klub tersebut dalam sebuah pernyataan

Peraih lima Ballon d'Or tersebut menjadi pemain bebas transfer sejak Manchester United mengakhiri kontraknya bulan lalu menyusul komentar sang pemain kepada klub Inggris tersebut lewat sebuah wawancara kontroversial.

Prestasi Ronaldo sendiri tidak perlu diragukan lagi, dia telah memenangkan lima gelar Liga Champions (2008, 2014, 2016, 2017, 2018), dua gelar liga Italia (2019, 2020) bersama Juventus, dua trofi liga Spanyol (2012, 2017) bersama Real Madrid dan tiga trofi liga Inggris (2007, 2008, 2009) bersama Manchester United

Dia juga pencetak gol terbanyak di Liga Champions dan bersama tim nasional Portugal yang memenangkan Piala Eropa (Euro) 2016.

Namun, keputusan bergabung dengan salah satu klub asal Timur Tengah mengingatkan pada perkataannya beberapa tahun lalu.

CR7 pernah mengejek Xavi Hernandez karena main di klub Qatar. Sebelum menjadi pelatih Barcelona, Xavi menghabiskan masa senjanya di klub Qatar, Al-Sadd.

Ceritanya berawal dari wawancara Xavi Hernandez bersama media Spanyol, Cadena Ser. Dalam wawancara itu, Xavi Hernandez membandingkan Cristiano Ronaldo dengan eks rekan satu timnya, Lionel Messi.

Ia menyebut bahwa pemain terbaik yang tercatat dalam buku sejarah adalah Lionel Messi, bukan Cristiano Ronaldo. Hal itu membuat Cristiano Ronaldo geram.

“Ronaldo adalah pemain pada masanya, tetapi masalahnya adalah ada pemain lain yang menjadi pemain terbaik dalam sejarah,” kata Xavi Hernandez ketika itu dilansir Give Me Sport, Sabtu (31/12/2022).

“Ya, Ronaldo luar biasa, tapi dibandingkan dengan Messi, bagi saya dan bagi semua orang yang menyukai sepak bola, tidak ada bandingannya,” tandas pria yang saat ini menjadi pelatih Barcelona itu.

Cristiano Ronaldo pun tersinggung dengan omongan Xavi Hernandez. Pemain asal Portugal itu kemudian mengejek Xavi karena belum memenangkan Ballon dOr, serta menghina keputusannya bergabung bersama Al-Sadd.

“Apa pentingnya bagi saya soal apa yang dikatakan Xavi? Dia bermain di mana? Di Qatar atau di mana, saya tidak tahu,” kata Cristiano ketika dimintai tanggapan soal pernyataan Xavi Hernandez, dilansir sumber yang sama.

“Dia memenangkan segalanya tetapi dia tidak pernah memenangkan Ballon dOr. Saya punya tiga (saat itu),” timpal Cristiano Ronaldo.

Ejekan Cristiano Ronaldo kepada Xavi Hernandez justru berbuah karma enam tahun kemudian. Cristiano Ronaldo seperti mengikuti jejak Xavi Hernandez untuk bergabung bersama klub Timur Tengah.

Klub raksasa Arab Saudi, mengumumkan perekrutan Cristiano Ronaldo pada Sabtu (31/12/2022) dini hari WIB. Ia kabarnya diikat kontrak hingga tahun 2025 mendatang dengan nilai mencapai 200 juta euro (sekira Rp3,3 triliun). (okz)