Pengurus PW dan MTP IPHI Beri Bantuan ke Pesantren Korban Kebakaran

Avatar
Redaksi | Pringsewu
oleh

PRINGSEWU – Sejumlah Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI) dan Majelis Taklim Perempuan (MTP IPHI) Lampung salurkan bantuan korban di lingkungan Pondok Pesantren Madinatul Ilmi di desa Gumukrejo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Lampung, Minggu (6/11 2022).

Rombongan PW dan MTP IPHI dipimpin H. Thobroni Harun dan Hj. Purnamasari. Bantuan berupa uang tunai, beras dan makanan instan diterima oleh KH Muhammad Nur Aziz, selaku pimpinan pesantren Madinatul Ilmi.

H Thobroni Harun mengatakan bantuan ini berasal dari pengurus dan anggota PW dan MTP IPHI Lampung.

“Mungkin jumlahnya tak seberapa namun ini bentuk rasa kebersamaan antar pengurus dan anggota IPHI”, jelasnya.

Sementara itu KH Muhammad Nur Aziz, mengucapkan terimakasih atas bantuan dan perhatian dan PW dan MTP IPHI Lampung.
“Semoga ini menjadi ladang amal dan pahala bagi kita semua”, tutur ketua IPHI kab Pringsewu ini.

Seperti diketahui musibah menimpa Pondok Pesantren Madinatul Ilmi terjadi pada Rabu (19/10/2022). Kejadian terjadi sekitar pukul 18.15 WIB saat para santri selesai melaksanakan shalat berjamaah di Masjid pesantren asuhan KH Muhammad Nur Aziz, Ketua Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Pringsewu.

Api membakar satu bangunan dengan ukuran 8×9 meter yang merupakan lokasi warung koperasi, dapur, dan ruang kamar santri putri. Bangunan ini cukup bersejarah bagi pesantren ini karena dari bangunan inilah asal muasal berdirinya Pesantren Madinatul Ilmi.

Api bersumber dari kompor yang ada dalam bangunan tersebut. Api cepat membesar dan melalap bangunan karena banyak bahan bangunan dan isi di dalamnya yang mudah terbakar.

Sebelum petugas pemadam datang, para santri dibantu warga sekitar melakukan upaya pemadaman dan melakukan pencegahan agar api tidak menyebar ke bangunan lain dengan menyiramkan air. Setelah itu tiga unit mobil pemadam kebakaran dengan 30 personelnya datang untuk memadamkan api.

Api berhasil dipadamkan sampai dengan pukul 19.00 WIB dan musibah ini tidak memakan korban jiwa. (ril)