Pelunasan Ditutup Besok, Kemenag Lampung Himbau 1416 Orang Segera Lunasi Biaya Perjalanan Haji

Ilo
Ilo | Berita Utama
oleh

LAMPUNG – Kementerian Agama Provinsi Lampung menghimbau calon jemaah haji segera melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Reguler yang akan ditutup besok, 5 Mei 2023.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo mmengatakan, pada Tahun 2023 ini, total calon jamaah haji reguler yang sudah terdata dari 15 Kabupaten dan kota di Lampung mencapai 7.637 orang.

“Berdasarkan data, sampai dengan Rabu (3/5/2023) atau H-2 penutupan, sudah ada 6.221 jamaah haji yang telah melakukan pelunasan. Masih ada 1.416 jamaah yang sampai saat ini belum melakukan pelunasan. Kami imbau untuk segera melakukan pelunasan,” katanya.

Dengan alokasi waktu yang sudah diberikan ini, Puji berharap semua jamaah haji Lampung tahun 2023 bisa segera melunasi Bipih ataupun melakukan konfirmasi pelunasan.

Sebab, jika tidak melakukan pelunasan sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka statusnya akan menjadi jamaah tunda. Hal ini tentu menjadikan kesempatan berhaji di tahun ini menjadi gagal.

“Jika tidak berangkat maka akan digantikan calon jamaah haji cadangan yang jumlahnya sebanyak 662 jamaah,” ungkapnya.

Puji menjelaskan bahwa jamaah haji reguler tahun ini terdiri atas jemaah lunas tunda, jamaah yang masuk alokasi kuota keberangkatan pada musim haji 2023, prioritas jamaah lanjut usia (lansia), serta jamaah dengan status cadangan.

Untuk jamaah haji reguler lunas tunda tahun 2020 dan 2022 jelasnya, hanya melakukan konfirmasi pelunasan di Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih. Setelah itu, mereka harus melapor ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota setempat. (kpt)