Daftar Produk Kurma Asal Israel yang Diharamkan MUI

Ilo
Ilo | Nasional
oleh

JAKARTA – Kaum muslimin dihimbau berhati-hati dalam membeli kurma. Sebab, selama Ramadan banyak produsen kurma yang berasal dari Israel.

Mengutip laman Palestine Campaign, masyarakat diimbau untuk memeriksa label nama perusahaan yang mengekspor kurma asal Israel pada kemasan. Berdasarkan data yang tercatat, Israel adalah negara kedua dengan nilai ekspor kurma terbesar di dunia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sempat mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak menggunakan produk dari perusahaan yang terafiliasi dengan Israel, termasuk kurma produksi negara tersebut.

Ketua MUI bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Internasional Sudarmoto menyebut bahwa kurma produksi Israel tergolong haram. Hal ini dilihat dari hasil penjualannya yang digunakan untuk mendukung tentara Israel dalam menggencarkan serangan ke Palestina.

Baca Juga  Prabowo Ingin Biaya UKT Ringan Bahkan Gratis, Nadiem Makarim Bakal Didepak dari Menteri?

“Halal zatnya (kurma), tapi jadi haram karena uang hasil penjualan itu untuk membunuhi warga Palestina,” katanya, Rabu (13/3/2024).

Sudarmoto mengingatkan, pemboikotan tersebut merupakan bentuk tekanan terhadap Israel. Hasil pemboikotan akan menurunkan hasil penjualan manfaat bagi Israel.

Sebelumnya, MUI sendiri sudah mengeluarkan Fatwa MUI No 83 Tahun 2023 tentang dukungan terhadap Palestina. Menurutnya, boikot produk-produk yang dilakukan menjadi bentuk peduli kemanusiaan terhadap genosida yang terjadi di Palestina.

“Produk-produk itu macam-macam, bisa makanan, minuman, dan lain-lain. Yang kemarin juga sudah diberitakan di media, kurma. Kalau ada kurma Israel, jangan dibeli,” tambahnya.

Daftar 30 Produk Kurma Asal Israel

Baca Juga  Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan di Hari Selasa

Mengutip dari CNN Indonesia, berikut 30 daftar produk kurma asal Israel yang perlu dihindari.

  1. Star Dates
  2. Dates Medjoul
  3. Jordan River
  4. Bon Bon
  5. Carmel Agrexco
  6. Hadiklaim
  7. Shams
  8. Bomaja
  9. Desert Diamond
  10. Delilah
  11. Delilah
  12. Urban Platter
  13. Sincerely Nuts
  14. Edeka
  15. Anna & Sarah
  16. Galilee
  17. Ventura
  18. Nava Fresh
  19. Bomaja
  20. Fancy Medjoul
  21. Food to Live
  22. Kalahari
  23. Karsten Farms
  24. Royal Treassure
  25. Tamara Barhi
  26. King of Dates
  27. La Palma
  28. Waitrose
  29. King Solomon
  30. Medjol Plus

Cara Cek Produk Kurma Israel

Berikut sejumlah cara untuk mengecek produk kurma yang berasal dari Israel seperti dikutip dari laman Boycott, Divestment, and Sanctions Australia.

1.Periksa kemasan dan cek negara asal pembuatan kurma

2.Periksa barcode-nya. Hindari produk apa pun dengan barcode yang dimulai dengan 729 karena itu merupakan nomor seri untuk Israel

Baca Juga  Prabowo Ingin Biaya UKT Ringan Bahkan Gratis, Nadiem Makarim Bakal Didepak dari Menteri?

3. Perhatikan beberapa produk kurma dengan merk ekspor Israel seperti yang telah dirinci pada pembahasan di atas

4. Israel dikenal dengan kurma Medjool-nya. Tetapi, tak semua jenis Medjool diproduksi di Israel, karenanya penting untuk memeriksa identitas kurma Medjool yang dibeli melalui informasi dalam kemasan

5, Jika ada kurma tanpa keterangan perusahaan produsen dan asal negara produksi yang jelas sebaiknya dihindari. Ini menjadi upaya agar terhindar dari trik produsen Israel dalam mengelabui pembeli

6. Kurma Israel umumnya dijual lebih murah karena disubsidi oleh pemerintahnya.(detik)