Lukas Enembe Meninggal Dunia

Ilo
Ilo | Nasional
oleh

JAKARTA – Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe, dikabarkan meninggal dunia. Ia wafat saat sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Menurut kuasa hukum Lukas Enembe, Antonius Eko Nugroho, kliennya meninggal dunia sekitar pukul 10.00 WIB.

“Keterangan dari pihak keluarga, yang setia mendampingi dan merawat beliau, sebelum meninggal, Bapak Lukas minta berdiri, kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya,” kata Antonius.

Baca Juga  Prabowo Ingin Biaya UKT Ringan Bahkan Gratis, Nadiem Makarim Bakal Didepak dari Menteri?

Dijelaskannya, keinginan mendiang minta berdiri, karena ingin menunjukkan bahwa beliau kuat dan tidak bersalah.

“Begitu, Bapak Lukas tidak bernafas lagi, langsung kami tidurkan dan memanggil dokter. Sudah diberikan tindakan, namun Bapak sudah meninggal,” ungkapnya.

Sesuai kesepakatan keluarga, Jenazah mendiang Lukas akan dibawa ke Jayapura.

Diketahui, saat ini mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Tengah menjalani hukuman yang diperberat Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta dari 8 tahun penjara menjadi 10 tahun penjara.

Baca Juga  Prabowo Ingin Biaya UKT Ringan Bahkan Gratis, Nadiem Makarim Bakal Didepak dari Menteri?

Lukas dijatuhkan hukuman lebih berat karena terbukti menerima suap dan gratifikasi puluhan miliar rupiah.

Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa selama 10 tahun dengan denda Rp1 miliar subsider 4 bulan kurungan,” demikian bunyi salinan putusan banding yang dilansir website Pengadilan Tinggi Jakarta, Kamis (7 Desember 2023). (SLC)