Bawaslu Sebut Oknum Lurah Terbukti Bantu Pencalegan Anak Walikota Bandar Lampung

Ilo
Ilo | Politik
oleh

BANDAR LAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan Lurah Perumnas Wayhalim Siagawanto terbukti tidak netral pada Pemilu 2024.

Bawaslu Bandar Lampung menemukan bukti adanya alat peraga kampanye (APK) Caleg DPR RI Rahmawati Herdian di kantor kelurahan setempat.

“Yang bersangkutan (Lurah Siagawanto) terbukti tidak netral, ada banner di Kantor Kelurahan (Perumnas Wayhalim),” kara Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Bandarlampung Oddy Marsya JP,, Senin (8/1/2023).

Baca Juga  Kera Berpakaian Adat Jadi Maskot Pilkada 2024 Bikin Tokoh Adat Berang, Permintaan Maaf saja Tidak Cukup

Diketahui, sejumlah aparat dicurigai menangani banner caleg DPR RI Rahmawati Herdian di kantor kelurahan.

Rahmawati Herdian adalah putri mantan dua periode Wali Kota Balam yang juga Ketua Partai Nasdem Lampung Herman HN dan Wali Kota Balam Eva Dwiana.

Bawaslu bersama Sentra Gakkumdu Bandarlampung meneruskan pelanggaran netralitas ASN Siagawato ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KSAN), Senin (8/1/2024).

Baca Juga  Prabowo Siapkan Tiga Kandidat Pendamping Mirzani Djausal di Pilgub Lampung

Oddy Marsa JP mengatakan pihaknya juga melaporkan Ketua RT 002 DC, Linmas RT 008 Kelurahan Perumnas Wayhalim kepada Wali Kota Eva Dwiana untuk ditindaklanjuti.

“Pelanggaran ASN tersebut sudah kami teruskan kepada KASN, selanjutnya menjadi kewenangan KASN sebagai lembaga yang berwenang yang menindak lanjuti,” kata Oddy.

Untuk Caleg Rahmawati Herdian mengatakan bahwa tidak ada sanksi yang diberikan kepada caleg Rahmawati Herdian. Sanksi hanya diberikan kepada lurah, RT dan Linmas.

Baca Juga  Hanan A.Razak Masuk Daftar Bacagub, Golkar Ragu dengan Arinal?

Oddy melanjutkan, pelanggaran netralitas ASN tersebut ditemukan di Kantor Kelurahan Perumnas Wayhalim oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Wayhalim, Rabu (15/12/2023). (Helloindonesia)