Surahman Kaget Urus Sertifikat Dapat Bibit Pohon dari BPN Kota Depok

Ostabima
Ostabima | Nasional
oleh
Surahman warga Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok tersenyum lebar, usai menerima bibit durian yang langsung diserahkan Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan.
Surahman warga Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok tersenyum lebar, usai menerima bibit durian yang langsung diserahkan Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan.

DEPOK – Surahman warga Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok tersenyum lebar, usai menerima bibit durian yang langsung diserahkan Kepala .

Surahman lumayan kaget karena tidak menyangka diberi bibit usai menerima sertifikat yang diserahkan dari staf pelayanan Kantor Pertanahan Kota Depok.

“Ya kaget saja, eh diberi bibit pohon durian. Yang memberi langsung dari Pak (Kepala Kantor Pertanahan Depok). Kaget campur senang dah,” tutur Surahman yang kebetulan sebagai RW di lingkungannya, Rabu (29/11/2023).

Surahman mengaku, mengajukan permohonan peningkatan hak dan hari ini dan telah mendapatkan sertifikat yang diharapkannya.

“Saya datang langsung mengurus, ikuti aturan, prosesnya berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Petugas pelayanan dan staf di respon sekali, ya saya senang hari ini terima sertifikat plus diberi bibit pohon durian,” tutur Surahman seraya melepas senyum.

Ya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok punya terobosan baru, yakni memberikan bibit durian atau mangga bagi masyarakat penerima sertifikat. Langkah ini bekerja sama dengan pihak PLN (Persero) melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Pemberian bibit durian dan mangga yang digagas Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok tersebut sebagai upaya mendukung program penghijauan lahan di kota belimbing-julukan Kota Depok.

Pemberian bibit ini bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia 2023, yang jatuh pada tanggal 28 November 2023 dan dirayakan secara serentak di wilayah Jabodetabek.

“Gagasan ini lahir dari upaya untuk menjaga dan memulihkan lingkungan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam,” ujar Indra Gunawan saat menyerahkan bibit ke warga penerima sertifikat di halaman Kantor .

Indra Gunawan menegaskan kegiatan penanaman pohon ini diharapkan tidak sebatas simbolis, tetapi juga memiliki dampak langsung terhadap lingkungan.

“Setiap pohon yang ditanam akan membantu menyerap karbon dioksida, salah satu gas rumah kaca utama, dan menghasilkan oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas,” ujar Indra Gunawan.

“Hari Menanam Pohon Nasional adalah pengingat bagi kita semua bahwa setiap individu memiliki peran dalam menjaga dan melindungi lingkungan. Mari kita tanam lebih banyak pohon dan jaga bumi kita,” ujar Indra Gunawan.

Ditambahkannya, Hari Menanam Pohon Indonesia merupakan pengingat bagi kita semua bahwa setiap individu memiliki peran dalam menjaga dan melindungi lingkungan.

“Setiap pohon yang kita tanam akan membantu kita untuk bernapas, untuk kelangsungang hidup. Ayo manfaatkan lahan tanah yang ada untuk kelestarian dan mendukung lingkungan yang asri,” pungkas Indra Gunawan.

Untuk diketahui, pemberian bibit pohon durian atau durian bagi penerima sertifikat sebagai upaya menguatkan momentum Hari Menanam Pohon Indonesia 2023 yang diharapkan menjadi tradisi yang diikuti warga Kota Depok.