Ketua KPK Firli Bahuri Disaran Polisikan Pelapornya di Polda Metro Jaya, ini Alasannya

Ilo
Ilo | Hukum
oleh

JAKARTA – Direktur Eksekutif Government Againts Coruption & Discrimination (GACD) Andar M. SItumorang menyarankan pimpinan KPK Firli Bahuri untuk segera membuat laporan balik pengadu pimpinan Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) di

Polda Metro Jaya. Alasannya, karena yang buat laporan bukan tersangka eks Mentan SY Limpo sendiri tapi atas nama orang lain.

Menurut Andar, dalam laporan tersebut, tidak ada nama pelapor dicantumkan. Begitu juga dengan jumlah uang yang tidak disebutkan berapa jumlahnya.

Baca Juga  Ada Dua Pemandu Lagu yang Ditemui Remaja Usai Bunuh Polisi di Lampung Tengah 

“Kalau buat laporan polisi biasanya ada nomor laporan polisi nya, pelapor nya siapa, isi laporan apa. Contoh dugaan pemerasan ada disebut di laporan itu kerugian uangnya berapa. Barang siapanya siapa. Itu sama saja dengan laporan sampah,” ungkap Andar dalam rilisnya, Kamis 2 November 2023.

Andar menduga ada penghakiman hukum oleh Polda Metro Jaya terhadap Firli Bahuri.

“Ada penghakiman hukum terhadap Firli Bahuri. Sampai saat ini bukti materiil sebagaimana pasal 184 KUHAP tentang alat bukti polisi tidak memiliki namun dinaikkan ke tahap penyidikan. Ini kan aneh bin ajaib,” katanya.

Baca Juga  Kadisnaker Buka Suara, Sebut Tiga Nama Lebih Layak Jadi Tersangka dalam Kasus Dana Hibah KONI Lampung

“Tolong Kapolri, Kadiv Propam Karo Wasidik Mabes Polri Investigasi kasus No BB tapi naik ke tahap Penyidikan,” tegas Andar.

Andar juga menduga ada permainan politik tingkat tinggi dalam kasus yang yang dituduhkan ke Firli.

“Saya pahamlah ini kan politik. Kartu Truf sedang dimainkan melalui tangan tangan hukum, karena selama ini Firli dianggap dekat dengan PDI Perjuangan.
Dan selama ini untuk PDI Perjuangan tidak bisa dimainkan poltik Kartu Truf sebagaimana telah diterapkan oleh ketua ketua partai lainnya yang telah tersandera politik Kartu Truf,” katanya lagi.

Baca Juga  Jenazah yang Hanyut di Sungai Panjang itu Ternyata Sopir Truk Fuso

Andar berharap Partai PDIP tidak lemot, terutama mereka yang duduk di DPR RI atau komisi 3.

“Panggil tuh Kapolda Metro Jaya, Kapolri terkait penanganan tuduhan pemerasan yang tanpa BB, ” tegas Andar. (rls)