Wilayah Kotabaru Lampung Jadi Sentra Perguruan Tinggi

Ilo
Ilo | Pemerintahan
oleh

LAMPUNG SELATAN — Wilayah Kotabaru Lampung diproyeksikan menjadi area perguruan tinggi.

Kepastian itu didapat setelah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menandatangani prasasti hibah tanah 150 hektare di Kotabaru, Lampung Selatan untuk pengembangan Kampus II Universitas Lampung, Kamis (21/9/2023).

Gubernur Arinal mengatakan pelaksanaan penandatanganan prasasti Kampus II Unila ini dalam rangka meningkatan Kualitas SDM di Provinsi Lampung.

“Kampus II Unila terletak pada kawasan yang strategis yang merupakan pengembangan kawasan Unila-Itera-UIN,” ujar Gubernur Arinal.

Posisi ini didukung juga dengan adanya gerbang tol Kotabaru dan rencana Kawasan Sport Centre Lampung.

“Diharapkan dengan adanya rencana Pembangunan Kampus II Unila di Kotabaru Lampung dapat menjadi trigger bagi pengembangan Kotabaru dan menjawab tantangan bidang pendidikan kedepan di Provinsi Lampung,” jelas Gubernur Arinal.

Pada tahun ini, Pemerintah Provinsi Lampung bersama Pemerintah Pusat telah menganggarkan perbaikan jalan menuju Kotabaru sepanjang 12,35 kilometer.

Gubernur Arinal berharap Unila bisa melahirkan lebih banyak lagi SDM yang berkualitas dan mampu berpartisipasi aktif dalam mendukung pembangunan di Provinsi Lampung, dan terus membangun kolaborasi dengan berbagai pihak.

Secara pribadi maupun atas nama Pemprov, Gubernur Arinal meminta untuk segera dilakukan percepatan pembangunannya, sehingga lambang perguruan tinggi, Universitas Lampung bisa lebih berkibar.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Lusmeilia Afriani, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Lampung khususnya Gubernur Arinal Djunaidi, atas kepeduliannya terhadap unila, dan masa depan pendidikan Provinsi Lampung.

Ia juga merasa bersyukur dan bangga, karena berkat perjuangan para rektor terdahulu perluasan kampus Unila dapat terrealiasi pada hari ini.

“Unila akan segera membuat masterplan dalam pembangunan kampus II, dan akan melakukan pengkajian terkait kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar” ujarnya. (Adp/red)