Ditanya Wartawan, Jokowi Bilang Begini Soal Rumor Prabowo Cekik Wamentan

Ilo
Ilo | Politik
oleh

JAKARTA – Presiden Jokowi menanggapi rumor terkait keributan antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.

Beredar kabar jika Prabowo menyekik  wamentan saat rapat kabinet di Istana Negara

“Setahu saya tidak ada. Masak nyekik. Di politik ini kan banyak berita-berita seperti ini. Tolong dicroschek, jangan diterima mentah-mentah,” kata Jokowi kepada wartawan.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) membantah kabar tersebut.

Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strategi Komunikasi Sekretariat Jenderal Kementan Arief Cahyono mengatakan bahwa Harvick tidak hadir saat mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) di istana Negara,

“Kami sudah cek agenda Wamentan (Wakil Menteri Pertanian) dalam sepuluh hari terakhir, tidak ada agenda beliau hadir mengikuti Ratas di Istana mewakili Bapak Mentan SYL (Syahrul Yasin Limpo),” kata Arief dalam keterangannya Senin, 18 September 2023.

Arief menjelaskan, tidak mungkin ada agenda rapat terbatas yang tidak melalui tata keprotokolan di Kementan.  Maka, katanya, “munculnya berita yang beredar tidak sesuai dengan informasi yang terjadwal dalam agenda pimpinan Kementan.”

Melalui video yang beredar di media sosial itu disebutkan bahwa menteri sekaligus capres tersebut jengkel karena Syahrul Yasin Limpo tak hadir dan hanya dihadiri oleh wakilnya.

Penyebab capres tersebut diduga marah kepada salah seorang menteri, karena ada pekerjaan yang tidak dibantu kementerian terkait. Pekerjaan ini disebut-sebut melibatkan lintas kementerian. (*)