Polresta Bandar Lampung Hilangkan Jalur Zigzag dan Angka 8 dalam Uji SIM C

Ilo
Ilo | Polda Lampung
oleh

BANDAR LAMPUNG – Polresta Bandar Lampung mulai menerapkan trek berbentuk huruf S dalam uji SIM C. Trek tersebut pengganti jalur zig-zag dan angka 8 dalam pengambilan SIM C.

Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung, Kompol Ikhwan Syukri mengungkapkan penerapan trek baru itu berlaku sejak Senin (7/8/2023) kemarin.

Kompol Ikhwan menjelaska , perubahan trek ini menyusul diterbitkannya Peraturan Kapolri Nomor 2 tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandanaan SIM.

Menurutnya, uji SIM C saat ini menggunakan jalur lurus, berbentuk huruf S, serta huruf Y. Selain itu lebar jalur yang digunakan juga diubah dari 1,5 lebar kendaraan menjadi 2,5 lebar kendaraan.

Dalam pelaksanaannya, petugas akan memberikan kesempatan dua kali ujian praktik kepada para pemohon pembuatan SIM C. Jika dua kali kesempatan itu gagal, maka peserta tidak bisa mendapatkan SIM C.

“Jalurnya sudah kami buat, sudah mulai berlaku hari ini, tidak ada lagi jalur zigzag dan angka 8,” ungkapnya.

Menurutnya, perubahan itu merespon keluhan masyarakat karena trek yang sulit sehingga banyak peserta gagal. Harapannya kebijakan tersebut bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan SIM C.

Menurut Kompol Ikhwan, jalur uji SIM C yang digunakan tidak sesulit yang dibayangkan. Namun masyarakat yang menjadi peserta kurang persiapan dan berlatih sebelum mengikuti ujian.

Untuk itu, Ditlantas Polda Lampung menyediakan layanan latihan secara gratis. Latihan menggunakan jalur ujian SIM C bisa digunakan di luar jam pelayanan.

“Bagi masyarakat yang ingin latihan, silahkan datang ke Satlantas, kami terbuka untuk memberikan pelatihan,” jelasnya.

Ia berharap, masyarakat bisa menyiapkan diri sebelum mengikuti ujian agar berhasil melewati jalur yang baru. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan SIM dengan sekali ujian. (lpc)