Kontroversi Finalis Miss Universe Indonesia 2023, Diduga Diminta Telanjang dan Difoto Saat Pengecekan Badan

Ilo
Ilo | Berita Utama
oleh

JAKARTA – Kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 menyulut kontroversi. Ada dugaan para finalis difoto ketika tampil tanpa busana saat menjalani pengecekan badan atau body checking.

Klaim kontroversial tersebut terungkap dalam unggahan Instagram Story National Director Miss Universe Indonesia Bali, Sally Giovanny.

Sally Giovanny mengunggah percakapannya dengan National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat, Rizky Ananda Musa, di WhatsApp.

“Selamat sore, saya dapat kabar anak-anak body check disuruh telanjang. Tapi difoto. Apa diperbolehkan? Ini melanggar aturan lho, kalau ternyata disebarluaskan bagaimana,” tanya Rizky ke Sally, mengutip unggahan @selebhunt pada Minggu (6/8/2023).

Bahkan, terdapat dua laki-laki dan dua perempuan saat pengecekan badan itu. Sally tidak heran bila para finalis menjadi trauma.

Mengetahui hal itu, Sally merasa tindakan body check tersebut sudah keterlaluan. Ia pun berencana melaporkannya ke polisi.

“Wah, udah keterlaluan ini. Siapa yang tanggung jawab kalau sampai foto bugil tersebar? Jangan main-main. Saya bisa laporkan terkait hal ini ke pihak yang berwajib!” balas Sally.

Sally bertanya-tanya dari mana asal aturan yang mengharuskan peserta untuk telanjang serta difoto saat body checking.

“Kalian melanggar hukum dan etika loh kalau kayak gini caranya!” imbuhnya geram.

Padahal, menurut Sally, pemeriksaan tubuh hanya perlu dilihat pada bagian-bagian tertentu dan dicatat sesuai kondisi finalis.

“Teh @rizkyanandamusa pak @michael.simon, kita semua mengikuti peraturan dan kriteria yang sesuai tapi ternyata ada udang di balik bangku,” sindir Sally. (suara.com)