Penjelasan Kapolda saat Sebut Kapolres Ibarat “Upgrade” Suku Cadang Mobil

Ilo
Ilo | Polda Lampung
oleh

LAMPUNG – Pergantian enam kapolres di jajaran Polda Lampung diibaratkan “upgrade” suku cadang sebuah mobil.

Perumpamaan itu dikatakan Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika usai memimpin serah terima jabatan (Sertijab) enam kapolres di Polda Lampung.

“Harapannya, ibarat sparepart diganti, mobil ini larinya makin kencang,” kata Helmy di Mapolda Lampung, Selasa (1/8/2023).

Helmy menganalogikan Polda Lampung adalah sebuah kendaraan (mobil) yang sedang dalam perjalanan.

Sedangkan kapolres dan setiap anggota adalah onderdil (sparepart) yang berperan penting menjaga laju kendaraan itu.

“Ini kan diganti orang-orangnya, diibaratkan onderdil baru, jadi larinya makin cepat,” kata Helmy.

Sehingga, harapan Helmy dengan pergantian kapolres ini bisa mendukung ritme Polda Lampung dalam pengelolaan wilayah hukum masing-masing polres.

Pergantian kapolres di Lampung ini didasarkan dua surat telegram Kapolri.

Empat pimpinan polres diganti berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/ 1396/ VI/ KEP./ 2023 tanggal 24 Juni 2023, yakni AKBP Edwin (Polres Lampung Selatan) diganti oleh AKBP Kurniawan Ismail dari Polres Lampung Utara.

AKBP Edwin ditugaskan sebagai Kanit 3 Satresmob Bareskrim Polri.
Pada masa jabatannya AKBP Edwin sendiri telah banyak menoreh prestasi diantaranya penghargaan penyelenggaraan kesejahteraan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Penghargaan tersebut, diserahkan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

Kemudian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK-RI), atas peran aktif melakukan penegakkan hukum, terhadap kejahatan keanekaragaman hayati di Provinsi Lampung.

Jabatan Kapolres Lampung Utara selanjutnya diberikan kepada AKBP Teddy Rachesna yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Way Kanan.

Jabatan Kapolres Way Kanan diisi oleh AKBP Pratomo Widodo yang sebelumnya menjabat Kapolres Pesawaran.

Kemudian jabatan Kapolres Pesawaran diisi oleh AKBP Maya Heny Hitijahubessy yang sebelumnya menjabat Kabagops Satbrimob Polda Banten.

Pergantian pimpinan juga dilakukan di Polres Mesuji. Kapolres sebelumnya, AKBP Yuli Haryudo diganti oleh AKBP Ade Hermanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Regindent Ditlantas Polda Lampung.

Sedangkan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/ 1588/ VII/ KEP./ 2023 tgl 21 Juli 2023, dua pimpinan polres yang diganti adalah AKBP Kurniawan Ismail yang dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri.

AKBP Kurniawan Ismail digantikan oleh AKBP Yusriandi Yusrin yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Lampung.

Lalu Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya diganti oleh AKBP Andik Purnomo Sigit yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Ternate Polda Maluku Utara. (*)