Lima Nama Kandidat Ketua PWNU Lampung, Mulai Kemenag hingga Putra dari Ketua PWNU Tempo Dulu

Ilo
Ilo | Berita Utama
oleh

BANDAR LAMPUNG – Dalam waktu dekat, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung akan menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) Ke-11.

Acara dihelat di Kampus Universitas Ma'arif Lampung (Umala) Kota Metro mulai 29 hingga 30 Juli 2023. Salah satu yang paling ditunggu dalam acara itu adalah pemilihan Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah atau Ketua PWNU Lampung.

Sekretaris Panitia Konferwil Ke-11, Sholihin atau Gus Coing mengakui ada lima nama yang gadang-gadang masuk bursa calon ketua. Seperti misalnya nama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Lampung Puji Raharjo dan dan Ketua PCNU Lampung Timur Gus Dardiri.

Selanjutnya, ada nama Rektor IAI An Nur Lampung dan Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung KH Andi Warisno dan Ketua PCNU Lampung Utara .

Yang terakhir adalah Pengasuh Pondok Pesantren Darul A' mal Kota Metro Gus Shodiq. Nama terakhir merupakan putra Mantan Ketua PWNU tempo dulu, KH. Kusnan Musthofa Ghufron atau yang dijuluki “Singa Putih Penjaga Rimba Ulama”

Gus Coing menjelaskan, PWNU Lampung ditetapkan sebagai wilayah kategori A. Sehingga, sistem pemilihan ketua nanti akan menggunakan sistem terbaru, yakni diikuti juga oleh Majelis Wilayah Cabang (MWC) atau tingkat kecamatan.

“Jumlahnya 241 suara yang sudah terverifikasi terdiri dari 15 PCNU dan 226 MWC, tapi sampai hari ini kami masih menunggu SK verifikasi dari PBNU,” jelasnya dilansir rmollampung.com.

Menurut Gus Coing, pemilik suara akan mengusulkan nama calon ketua, dipastikan memenuhi syarat atau tidak, setelah itu baru dipilih dengan mengutamakan musyawarah mufakat.

Selain Ketua PWNU Lampung, Konferwil juga memilih Rais Syuriah PWNU Lampung. Pimpinan tertinggi NU Lampung ini dipilih menggunakan sistem Ahwa yakni Ahlul Halli wal Aqdi yakni dengan memilih 7 kiai yang merupakan usulan para peserta Konferwil.

“7 kiai inilah yang akan melakukan musyawarah untuk menentukan siapa Rais Syuriyah PWNU Lampung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gus Coing mengatakan, Konferwil Ke-11 ini juga akan dihadiri oleh Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Sekretaris Jenderal H Saifullah Yusuf. (rmc)