Arinal Buka Rakerprov KONI Lampung, Beri Bantuan Dana Cabor

Ilo
Ilo | Sports
oleh

BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung sekaligus Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Ir. , membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakeprov) tahun 2023, sekaligus menyerahkan bantuaan dana kepada Cabor, Kamis (20/7) pagi di Ballroom Hotel Emersia Bandarlampung.

Dalam sambutannya Arinal menegaskan, rapat kerja dan musyawarah adalah tanggungjawab kita sebagai pengurus karena sesuai dengan AD ART. Untuk itu paling tidak digelar satu kali dalam satu tahun, dengan kekuatan hukum yang legal karena diatur oleh Undang-Undang keolahragaan nasional.

“Hidup kita satu kali, menjadi pengurus juga hanya dua periode. Jangan menyinpang dalam membina olahraga. Rapat kerja kita kali ini bertema Bersatu, Berprestasi dan Berjaya,” katanya.

Baca Juga  Mission Impossible Thomas dan Uber Cup Pulang ke Indonesia

Lebih lanjut Pak Gub juga menjelaskan, prestasi bisa diraih tentunya melalui beberapa unsur. Salah satunya adalah bersatu, karena bersatu menjadikan kita ketua dan bisa berkerjasama dengan baik karena bersatu.

Dia juga mengatakan bahwa KONI untuk prestasi dan cabang olahraga untuk membina atlet.

“Tugas KONI harus mampu berkomunikasi dan koordinasi dengan cabang olahraga. Cabor juga harus memiliki SDM terbaik. Ayo kita bersatu agar bisa meraih prestasi. Kita akan menghadapi Pra-PON dan tentunya PON. Dengan bersatu saya yakin kita akan mampu meraih prestasi,” lanjutnya.

Baca Juga  Mission Impossible Thomas dan Uber Cup Pulang ke Indonesia

Arinal juga meminta kepada KONI agar melakukan evaluasi, serta mengelompokan cabang olahraga. Untuk cabang olahraga berprestasi akan kita dukung, sesuai dengan prestasi yang diraih. Sementara untuk Cabor yang belum berprestasi, hendaknya jangan minta sama dengan Cabor yang sudah berprestasi. Buat prestasi dahulu baru bisa meminta sama dengan Cabor yang telah berlrestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Arinal juga menjelaskan terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), dimana pelaksaannya akan berlangsung pada tahun 2026. Dimana penyelenggaranya diminta bukan satu Kabuoaten/Kota, tetapi sedikitnya dua Kab/Kot. Dengan atlet peserta adalah asli daerah, berdomisili Kabupaten/Kota terkait berbukti e-KTP.

Baca Juga  Mission Impossible Thomas dan Uber Cup Pulang ke Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Arinal juga menyerahkan bantuan anggaran dana pembinaan cabang olahraga secara simbolis, kepada cabang Muaythai dan binaraga. Anggaran tersebut diperuntukan pembinaan baik persiapan menghadapi babak kualifikasi (Prq-PON), maupun untuk mengikuti Pra-PON itu sendiri.

Rakerprov 2023 diikuti oleh 271 peserta yang tersiri dari 124 peserta dari cabang olahraga 12 peserta dari olahraga fungsional, 30 peserta dari KONI Kabupaten/Kota dan 105 orang dari pengurus KONI Provinsi. (rls)