PKS Ingin Papua Maju, Adil dan Sejahtera Dalam Bingkai NKRI

Avatar
Redaksi | Politik
oleh

Jayapura, lampungportal.com – Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menjadi narasumber utama pada acara Dialog Kebangsaan yang digelar oleh DPW PKS Papua dengan tema “Melukis Indahnya Keberagaman Papua” di Jayapura (Rabu, 19/6/2023). Acara tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat Papua, Ketua DPW PKS Papua Kusmanto dan jajaran PKS Papua, seluruh Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD), serta kader dan simpatisan PKS Papua.

Jazuli Juwaini dalam paparannya mengatakan bahwa Papua memiliki tempat istimewa bagi PKS karena Papua punya latar sejarah istimewa ketika bergabung dengan NKRI sehingga memiliki status otonomi khusus. Selain itu, Papua merupakan etalase bagi Indonesia sebagai provinsi paling timur dan berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Menurut Anggota Komisi I DPR ini Papua adalah wajah konkrit kebhinekaan atau keberagamaan Indonesia. PKS hadir untuk merayakan keberagaman ini. Meski PKS partai Islam tetapi PKS terbuka dan milik seluruh rakyat Indonesia khususnya di Papua. Kita ingin berkolaborasi dengan sebanyak mungkin tokoh Papua dan alhamdulillah PKS di terima di sini dan banyak tokoh masyarakat Papua yang bergabung bersama PKS.

Menurut Jazuli hal ini menunjukkan bahwa di tengah perbedaan masih sangat banyak persamaan atau titik temu yang bisa dikolaborasikan. Sehingga kita tidak perlu mencari-cari perbedaan, tapi bagaimana kita bersatu dan bersama-sama membangun Papua yang maju, adil, dan sejahtera dalam bingkai NKRI.

PKS berkepentingan dan berkomitmen agar sampai kapanpun keistimewaan dan kekhususan Papua tetap terjaga dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Papua menjadi pivot dari upaya negara untuk mewujudkan persatuan nasional yang bersumber dari keadilan dan pemerataan pembangunan.

Bagi PKS persatuan nasional sangat penting di tengah realitas keberagaman bangsa Indonesia yang luar biasa dan tantangan dunia. Tapi tidak akan ada persatuan tanpa keadilan dan pemerataan pembangunan yang dirasakan seluruh rakyat Indonesia, termasuk di Papua. Itulah pesan utama dari dialog kebangsaan PKS di berbagai tempat.

Pembangunan itu selaras dengan tujuan bernegara yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Tentu tujuan bernegara itu bisa kita ikuti dan kita evaluasi agar selalu meningkat dan mengarah lebih baik. Tujuan bernegara itu merupakan proses yang tidak akan berkesudahan sepanjang negara ini masih ada. Dan PKS memastikan bahwa tujuan bernegara itu riil dan konkrit dilaksanakan di seluruh wilayah Papua. Maka, seluruh anggota dewan PKS di Papua harus turun dan aktif mengadvokasi kepentingan rakyat Papua.

“PKS siap berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat Papua untuk menjaga NKRI, mengokohkan persatuannya, serta mewujudkan keadilan dan pemerataan pembangunan di bumi Papua sehingga masyarakat Papua maju, bermartabat, adil dan sejahtera,” pungkas Jazuli. ##