Bukan ke Liga Arab, Lionel Messi Putuskan Bergabung dengan Klub Amerika

Ilo
Ilo | Berita | Sports
oleh
FILE PHOTO: Soccer Football - Champions League - Round of 16 First Leg - Paris St Germain v Bayern Munich - Parc des Princes, Paris, France - February 14, 2023 Paris St Germain's Lionel Messi reacts REUTERS/Sarah Meyssonnier/File Photo

JAKARTA – Berakhir sudah desas desus kepindahan megabintang Lionel Messi. Ia akhirnya memutuskan bergabung dengan salah satu klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, Inter Miami.

Penyerang timnas Argentina itu mengumumkan pada Rabu, 7 Juni 2023, bahwa dia telah memutuskan bergabung dengan Inter Miami dan bermain untuk klub di luar Eropa untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun. Meskipun dia mengatakan kepada surat kabar Mundo Deportivo bahwa kesepakatan itu belum 100 persen rampung.

Merekrut pemenang Ballon d’Or tujuh kali itu berpotensi menjadi dorongan besar bagi sepak bola di Amerika di mana popularitasnya membuntuti empat liga profesional pria utama Amerika Utara lainnya, yaitu NFL (sepak bola Amerika), MLB (bisbol), NBA (bola basket), dan NHL (hoki es).

Sumber yang mengetahui negosiasi mengatakan kepada Reuters pekan ini bahwa Messi ingin pergi ke klub di mana dia bisa memiliki saham klub. Itu akan membuatnya mengikuti jalan yang mirip dengan pemilik bersama Inter Miami, David Beckham. Sebagian saham dimiliki Jorge Mas dan Jose Mas, triliuner Amerika Serikat.

Mantan pemain timnas Inggris itu mengejutkan publik sepak bola ketika memutuskan bergabung dengan klub MLS, LA Galaxy, pada 2007 setelah keluar dari Real Madrid, dalam kesepakatan yang memberinya hak untuk memiliki saham klub tersebut.

Beckham dan istrinya, Victoria Beckham dari Spice Girls, cocok dengan budaya Tinseltown—lingkungan industri film di Amerika—yang penuh dengan selebritas dan langkah tersebut dirayakan sebagai pembukaan era baru untuk MLS.

Namun kepindahan Messi sebagai agen bebas setelah berpisah dengan juara Liga Prancis Paris Saint-Germain (PSG) bisa memiliki makna yang lebih besar.

“Dia adalah pemain sepak bola terbaik dan paling dikenal di planet ini pada saat yang sama,” kata Eric Wynalda, mantan pemain timnas Amerika Serikat dan penyiar sepak bola yang saat ini menjadi pembawa acara di SiriusXM.

“Tidak hanya tentang daya tarik, ini juga tentang mendapatkan kesempatan untuk melihat kehebatannya.”

Sebelumnya, banyak rumor mengatakan Messi akan bergabung dengan salah satu klub di Arab yang siap memberi gaji fantastis padanya. Namun, Messi tampaknya ogah untuk mengekor mantan saingannya dulu, Cristiano Ronaldo.

(tmp)