Tarif Tol Sumatera Mahal

Ilo
Ilo | Berita Utama
oleh

LAMPUNG – Tarif baru mulai berlaku di Jalan Tol Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar. Tarif ini dinilai mahal dengan kondisi jalan yang terbilang biasa-biasa saja.

Sejak Kamis 25 Mei 2023 pukul 00.00 WIB, kendaraan golongan I naik menjadi sebesar Rp 189.500. Sebelumnya hanya Rp118.500. Sementara untuk kendaraan golongan II dan III tarif tol naik menjadi sebesar Rp 284.500 dan golongan IV dan V tarif tol sebesar Rp 379.000.

Tarif ini terbilang mahal. Bandingkan dengan tol Jakarta Bandung (termahal) hanya Rp110 ribu dengan jarak tempuh yang tidak berselisih jauh.

“Itu sangat mahal. Padahal kondisi jalan (tol) biasa-biasa aja. Bahkan ada gelombang-gelombang. Tidak mulus kayak di Jawa. Penerangan juga minim,” kata Andi, warga Terbanggi, Lampung Tengah.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) secara resmi memberlakukan tarif baru pada Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Kamis 25 Mei 2023.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menjelaskan, penyesuaian tarif ini dilakukan sesuai dengan regulasi yang tertuang pada UU Jalan No. 2 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan yang menyebutkan bahwa Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol.

“Kami pastikan penyesuaian tarif ini dibarengi dengan peningkatan layanan yang ada, sehingga pengguna jalan tol dapat merasakan dampaknya terhadap peningkatan level of service jalan tol,” katanya.

“Kami juga memberikan diskon tarif hingga 20% di seluruh gerbang tol yang ada di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sebagai apresiasi kepada pengguna jalan. Perlu diingat bahwa penyesuaian tarif ini baru dilakukan di Tol Bakter, sehingga masyarakat yang melintas dari GT Terbanggi Besar hingga GT Kayu Agung masih menggunakan tarif normal yang ada di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung,” tutur Koentjoro.

Dengan penyesuaian tarif yang berlaku, Hutama Karya mengimbau kepada pengguna Jalan Tol Bakter untuk memastikan kecukupan saldo Kartu Uang Elektronik (UE) sebelum melakukan perjalanan dan segera top-up Kartu UE jika saldo kurang agar tidak menyebabkan antrian di gerbang tol, mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol serta selalu SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu. (red)