Ditunjuk PDIP Jadi Capres, Ganjar: Terimakasih Mbak Puan

Ilo
Ilo | Berita Utama
oleh

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024 mendatang.

Megawati menegaskan, pengumuman nama Ganjar dilakukan setelah pihaknya melakukan diskusi panjang dengan berbagai pihak. Ia juga mengaku berkontemplasi sebelum sampai pada kesimpulan untuk mengumumkan Ganjar.

Selain itu, Megawati juga menugaskan Prananda Prabowo selaku Kepala Situation Room di PDIP untuk melakukan monitoring terhadap kondisi politik nasional. Megawati juga menugaskan Prananda melakukan konsolidasi partai dan pemenangan untuk Pemilu 2024.

Untuk Puan Maharani, ia memberikan tugas baru dalam Pemilu 2024.

“Saya memberi mandat kepada Puan untuk membentuk tim untuk pemenangan Presiden dan legislatif Pemilu 2024,” kata Megawati.

Selain itu, Megawati memerintahkan para kadernya untuk mengibarkan bendera partai. Instruksi ini disampaikan Megawati setelah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024 dari PDIP.

“Segera kibarkan bendera banteng moncong putih nomor tiga di rumah kalian masing-masing. Bukalah posko gotong-royong, dan jaga lah bendera banteng moncong putih sebagai lambang semangat dan energi perjuanganmu,” ujar Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 21 April 2023.

Selain itu, Megawati memerintahkan kepada seluruh struktural partai mulai dari tingkat ranting hingga DPP, anggota legislatif, dan seluruh eksekutif partai di tingkat nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota untuk bergerak dan bekerja keras turun ke akar rumput.

“Turun ke bawah menyapa akar rumput memenangkan pemilihan umum tahun 2024,” ujar Megawati.

Turut hadir dalam pengumuman tersebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ganjar Pranowo.

Sementara Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih kepada banyak pihak di internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP yang telah membantunya hingga ditunjuk oleh Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden 2024 dari PDIP. Menurut Ganjar, selama berkarier di politik, dirinya banyak mendapat arahan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih secara khusus kepada mbak Puan di dalam penugasan politik, jadi panglima tempur di Jawa Tengah sampai dua periode. Mas Nana memberikan arahan, Pak Presiden saya sebagai kepanjangan tangan di daerah, kita gotong royong bangun spirit layani masyarakat,” ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menyampaikan terima kasih kepada Megawati karena mempercayainya sebagai capres.

Ganjar menyatakan bakal melaksanakan tugas di partai dengan sebaik-baiknya. Ia juga menyatakan bakal meneruskan program-program yang telah dimulai oleh Jokowi.

“Terobosan-terobosan yang diberikan Pak Jokowi, mesti dilanjutkan. Hanya kami yang terus berkomitmen lanjutkan itu,” kata Ganjar.

Sementara itu Presiden Jokowi mengapresiasi keputusan Megawati Soekarnoputri yang menunjuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 dari PDIP.

“Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat, selalu turun ke bawah dan sangat ideologis. Saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, seorang pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia dan harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu. Menurut dia, pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program unggulan yang telah dicanangkan.

“Ideologi negara, Pancasila, persatuan dan kesatuan nasional serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi pondasi sosial bangsa Indonesia. Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, pembangunan yang Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional,” kata Jokowi.

Pada Pilpres 2024, kata Jokowi, semua calon harus siap berkontestasi dalam program dan berani mengadu ide besar untuk bangsa dan negara.

“Saya yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya. Semoga pilpres 2024 berjalan dengan damai dan demokratis, terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur,” katanya. (tmp)