Wapres Ma’ruf Amin Disebut dalam Sidang Suap Unila

Ilo
Ilo | Berita Utama
oleh

BANDAR LAMPUNG – Mantan Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Karomani mengungkap fakta baru dalam persidangan dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang.

Dalam keterangan sebagai saksi dalam sidang lanjutan korupsi PMB Unila, Kamis (6/4), Karomani mengaku jika pernah ‘dititipi’ anak Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma’ruf Amin.

Pernyataan ini terucap usai Karomani diminta JPU KPK menjelaskan barang bukti daftar nama penitip mahasiswa.

Daftar itu memuat puluhan nama mahasiswa beserta NIK, pilihan Universitas dan nama penitip mahasiswa ke pejabat Unila, termasuk Rektor.

Di daftar nama itu, tertera baris ke 12 nama mahasiswa Mohamad Fadhli Jonis dengan pilihan pertama di Fakultas Kedokteran Unila dan pilihan kedua di UINJ Prodi Kedokteran. Tertulis keterangan nama mahasiswa itu ‘Anak Wapres/Rektor’.

Kemudian JPU KPK, Agus Prasetya Raharja meminta Karomani untuk menjelaskan nama-nama tersebut.

“Ini kan banyak nama-nama besar, saudara saksi Karomani harus menjelaskan agar tidak terjadi fitnah,” ujar JPU KPK.

“Ini saksi ketemu langsung sama Wapres atau gimana,” tanya JPU kembali.

“Tidak, anaknya yang bertemu saya. Karena kami sama-sama orang banten. Anaknya yang bernama Siti Ma’rifah (Putri Sulung Wakil Presiden RI, Siti Ma’rifah Ma’ruf Amin),” jawab Karomani.

Karomani pun menegaskan mahasiswa titipan anak Wapres tersebut tidak lolos SBMPTN. Namun, lolos seleksi jalur mandiri atau SMMPTN.

“Anak itu tidak lulus SBMPTN, lulus jalur mandiri dan tidak kasih saya apa-apa,” katanya. (kpt)