Masa Jabatan Pj Bupati Berakhir Mei 2023

Ilo
Ilo | Berita
oleh

LAMPUNG – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta DPRD di tiga daerah dan untuk segera mengajukan tiga nama calon untuk menggantikan penjabat bupati yang jabatannya habis pada Mei 2023 ini.

Tiga daerah itu adalah Mesuji, Pringsewu dan Tulangbawang Barat.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, membenarkan tiga pejabat bupati akan segera mengakhiri tugasnya di tahun pertama. Dan boleh jadi mereka akan diusulkan lagi untuk tahun berikutnya atau diganti.

Qodratul mengatakan, pemerintah daerah dan juga Gubernur akan mengusulkan tiga nama yang akan menggantikan. Nama-nama tersebut diperbolehkan orang yang sama ataupun berbeda.

“Dari pemerintah daerah Kabupaten/Kota akan mengusulkan 3 nama. Dan gubernur juga akan mengusulkan 3 nama,” katanya.

Diketahui, berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri dengan Nomor 100.2.1.3/1773/SJ, ada 35 Pj Bupati dan 6 Pj Walikota yang masa jabatan berakhir pada Mei termasuk 3 daerah untuk Lampung.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan amanat pasal 201 ayat 9 dan ayat 11 undang-undang nomor 10 tahun 2016 menegaskan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Walikota yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2022 diangkat Penjabat Bupati/Walikota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama.

Selanjutnya berdasarkan penjelasan pasal 201 ayat 9 undang-undang nomor 10 tahun 2016 bahwa Penjabat Gubernur, Bupati dan Walikota masa jabatannya 1 tahun dan dapat diperpanjang 1 tahun berikutnya dengan orang yang sama atau berbeda.

Sehubungan dengan amanat regulasi tersebut, nama daerah yang disebut dalam surat tersebut masa jabatan Pj Bupati dan Walikota berakhir pada bulan Mei 2023 sehingga perlu mengisi kekosongan jabatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan

Berkenaan dengan hal tersebut DPRD kabupaten/kota melalui ketua DPRD mengusulkan 3 nama calon Penjabat Bupati/Walikota dengan orang yang sama atau berbeda untuk menjadi bahan pertimbangan menteri dalam menetapkan Pj Bupati/Walikota

Usulan nama calon Penjabat Bupati/Walikota disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri paling lambat tanggal 6 April 2023 mendatang.

Terpisah, Ketua DPRD Mesuji, Elfianah, juga mengaku akan membahas usulan penjabat bupati pengganti Sulpakar.

Usulan nama itu akan dibahas di rapat pimpinan dan ketua fraksi,” katanya.

Namun, ia memastikan, nama yang diusulkan adalah ia yang menguasai masalah dan mengetahui daerah.

“Calon yang diusulkan juga adalah seorang yang tidak ada kepentingan politik. Tidak punya keinginan maju pilkada, baik itu keluarga, istri atau suami, dan anaknya. Sebab, kalau dia nyalon, pasti tidak fokus ngurusi rakyat. Malah bikin perpecahan dan masalah baru di Mesuji,” katanya. (lpc)