Sulpakar Akui Titip Anak Kandung hingga Anak Kadis Lamsel

Ilo
Ilo | Berita Utama
oleh
foto lampungpro Kadis Pendidikan Lampung Sulpakar saat memberi ketrangan di PN Tanjungkarang.

BANDARLAMPUNG – Kadis Pendidikan Provinsi Lampung yang juga Pj Bupati Kabupaten Mesuji Sulpakar mengakui telah menitipkan dan minta tolong kepada Eks Rektor Unila Karomani.

Ia menitipkan nama Nindya Azfarina Jamhur anak dari Kadis Pendidikan Lampung Selatan Asep Jumhur agar dapat lulus sebagai mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) Unila pada Tahun 2022.

“Saya didatangi orangtuanya, Asep Jamhur. Asep memberitahu akan mendaftarkan anaknya ke Unila lewat jalur mandiri. Dia bertanya, kira-kira bisa bantu gak. Supaya anaknya bisa difasilitasi, diperhatikan mendaftar ke Unila. Supaya diterima di Fakultas Kedokteran. Respon saya saat itu, saya menyatakan, kita coba,” tutur Sulpakar dalam sidang kasus suap penerimaan mahasiswa baru dengan terdakwa mantan Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Karomani di PN Tanjungkarang, Kamis (9/3/2023).

Lalu dalam satu kesempatan, Sulpakar pas rapat di Unila bertemu dengan Karomani. Saat itu dia langsung menyampaikan ke Karomani bahwa ada kerabatnya yang ingin masuk Unila.

“Asep Jamhur sendiri sudah saya anggap sebagai adik saya sendiri,” tutur Sulpakar.

Sebelum itu, Sulpakar juga mengaku menitipkan anak kandungnya ke Karomani dan lulus FK Unila di tahun 2021

“Waktu itu, Karomani menjawab pasti lulus,” terang Sulpakar .

Kemudian tahun 2020, Sulpakar juga membenarkan jika ada anak kandungnya yang juga lulus FK Unila.

Seperti diberitakan sidang kasus suap penerimaan mahasiswa baru dengan terdakwa mantan Rektor Unila Prof. Karomani di PN Tanjungkarang mengungkap beberapa fakta. Antara lain, adanya pemberian uang oleh Kadis Pendidikan Lampung yang juga Pj. Bupati Kabupaten Mesuji kepada terdakwa Karomani. Nilainya cukup fantastis mencapai Rp.1,1 miliar.

Dalam dakwaan Jaksa KPK dijelaskan pemberian uang oleh Sulpakar selama kurun waktu tahun 2020 sampai dengan tahun 2022.(bec)

.