Disentil Jokowi, MenPAN-RB Larang ASN Umbar Harta di Medsos

Ilo
Ilo | Nasional
oleh

JAKARTA- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas melarang keras Aparatur Sipil Negara (ASN) pamer harta di media sosialnya.

Larangan pamer harta di medsos tersebut disampaikan Azwar Anas berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai tersorot gaya hidup mewah sejumlah pejabat pajak. Seperti Suryo Utomo, Rafael Alun Trisambodo, hingga Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto .

“Pak Presiden sudah memberikan arahan ya, tadi disampaikan supaya tidak pamer harta kekayaan di IG (Instagram) dan sebagainya,” pesan Azwar Anas.

Azwar menegaskan, aksi pamer harta yang dilakukan ASN bisa mencedarai suasana batin masyarakat. Dia berharap para pegawai pemerintah agar lebih peka dengan membangun kebersamaan bersama masyarakat.

“Jadi, saya kira bapak presiden sangat tegas tadi memberikan arahan kepada KL dan ASN untuk lebih memahami membangun kebersamaan bersama rakyat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyoroti sejumlah pejabat yang bergaya hedonis lantaran dinilai tidak terpuji dan akan membuat masyarakat kecewa.

“Menurut saya, pantas rakyat kecewa karena pelayanannya dianggap tak baik. Kemudian aparatnya perilakunya jemawa dan pamer kuasa, lalu pamer kekuatan, pamer kekayaan hedonis,” ungkap Jokowi di Sidang Kabinet Paripurna, Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3).

Jokowi meminta ASN fokus melayani masyarakat seraya mengimbau agar tidak ada lagi pejabat yang suka pamer kekayaan di media sosial.

“Supaya ditekankan kepada kita, kepada bawahan kita, jangan pamer kekuasaan, jangan pamer kekayaan, apalagi sampai dipajang-pajang di Instagram, di media sosial,” tukas Jokowi. (rd)