Oknum Polisi Terlibat Curanmor, Terbongkar Karena Baju Dinasnya Ketinggalan di TKP

Ilo
Ilo | Hukum
oleh

BANDAR LAMPUNG – Seorang oknum anggota polisi ditahan Propam Polda Lampung karena terlibat dalam pencurian sepeda motor di salah rumah indekos di Kampung Baru, Kedaton.

Mirisnya, terungkapnya peran anggota Polsek Jabung Polres Lampung Timur itu dalam kasus Curanmor karena kecerobohannya sendiri. Kok bisa?

Pencurian itu terjadi hari Rabu (15/2/2023) dinihari. Pelaku menggasak dua motor milik penghuni indekos di Jalan Bumi Manti 4, Kampung Baru.

Motor sudah terbawa. Namun, pelaku ternyata lupa membawa motornya sendiri. Lucunya, di motor itu ada tas warna coklat berisi atribut kepolisian berupa seragam dan kartu tanda anggota. Ternyata pelaku merupakan personil Polsek Jabung, Polres Lampung Timur.

Baca Juga  Ada Dua Pemandu Lagu yang Ditemui Remaja Usai Bunuh Polisi di Lampung Tengah 

“Ada dua motor yang digasak pelaku, satu motor merek Yamaha dan satu lagi Honda Beat hilang dicuri pelaku,” kata Angga, warga sekitar.

Ia mengatakan, pelaku meninggalkan motor Honda Beat putih biru dan tas berwarna cokelat di tempat kejadian perkara (TKP).

“Pada saat diperiksa tas tersebut berisikan perlengkapan dinas Polisi yang berdinas di Polsek Jabung,” kata Angga.

Baca Juga  Napi Anak Pembunuh Polisi yang Kabur Berhasil Ditangkap, ini Kata Kapolda Lampung

Angga mengatakan, perlengkapan polisi tersebut yakni pakaian dinas, kartu anggota, empat topi polisi (satu jenis baret), pisau, serta sejumlah surat dokumen kepolisian.

Angga mengatakan, korban kemudian meminta pertolongan warga dan penghuni kamar indekos lainnya.

Polisi juga sudah ke lokasi kejadian dan kemudian membawa sepeda motor dan tas berisi atribut kepolisian ke Mapolsek Kedaton.

Wakil Kepala Polres Lampung Timur Kompol Sugandhi Satria Nugraha membenarkan pelaku yang diduga mencuri motor adalah oknum anggota Polsek Jabung.

Baca Juga  Kereta Tabrak Bus, 4 Tewas dan Belasan Luka-luka, PT KAI: Sudah Diklakson Berulang

“Tadi sudah dijemput kasi Propam dan diserahkan ke Polsek Kedaton. Karena TKP Kedaton penyelidikan dan penyidikannya diserahkan kepada Polsek Kedaton,” kata Kompol Sugandhi.

Ia mengatakan, apabila dari hasil penyelidikan dan penyidikan terbukti bersalah maka kami ambil tindakan tegas.

“Adapun tindakan tegas yang akan kami ambil yakni kami akan melakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH),” kata Kompol Sugandhi. (tbc)