Singkirkan La Nyalla, Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI

Ilo
Ilo | Berita Utama
oleh

JAKARTA akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027. Ia terpilih dalam Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia () di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).

menang voting dari pesaingnya, La Nyalla. Menteri BUMN meraih 64 suara dukungan dari total 86 voter. Sementara La Nyalla hanya 22 suara.

Nama sempat tersendat menjadi calon ketum PSSI lewat aturan berkontribusi sebagai anggota PSSI selama lima tahun. Akan tetapi, masalah itu langsung dibantah.

Sebab, dia pernah berkecimpung di sepak bola Indonesia sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada tahun 2009-2019.

Erick Thohir juga tercatat pernah menjadi Direktur Keuangan Persija Jakarta pada era 2000-an. Terkini, Erick Thohir merupakan pemilik saham Persis Solo sejak 2021.

Jumlah voters untuk adalah 87 yang terdiri dari 34 Asprov, 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, dan tiga asosiasi (termasuk federasi futsal Indonesia).

Dalam KLB di Jakarta pada 16 Februari itulah Erick terpilih sebagai ketua umum setelah meraih suara mayoritas. Karena Erick Thohir memenuhi syarat mendapat suara 50 persen plus satu dari jumlah voters, maka pemungutan suara cukup dilakukan dalam satu putaran.

Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Erick. Kompetisi salah satunya, Liga 2 dan Liga 3 berhenti akibat Tragedi Kanjuruhan. Kinerja wasit juga menjadi sorotan. (kpt)