Duh, Ada Calon DPD Diduga Palsukan Syarat Dukungan

Ilo
Ilo | Politik
oleh

BANDAR LAMPUNG – Ada calon anggota DPD yang diduga memalsukan syarat dukungan. Fakta di lapangan, ada sejumlah warga yang ternyata tidak mendukung calon tersebut meski namanya ada dalam syarat dukungan.

Hal itu diketahui saat KPU Kota Bandar Lampung melakukan verifikasi faktual dukungan terhadap 20 bakal calon DPD asal Lampung.

“Ada yang mendukung dan tidak. Tapi ini masih normal dan diawasi langsung sama PKD. Kami akan akumulasi yang tidak mendukung dan akan berpengaruh ke sebaran (minimal 8 kabupaten/kota) dan minimal dukungan (3.000 dukungan),” kata Komisioner Bidang Teknis Penyelenggara KPU Bandar Lampung, , Kamis (9/2/2023).

Menurutnya, kategori yang tidak memenuhi syarat (TMS) dukungan terdiri dari tidak mendukung, tidak bisa ditemui, berprofesi sebagai ASN, penyelenggara, dan lainnya, serta meninggal dunia.

Ia mengatakan verifikasi faktual dilakukan di 1077 kelurahan dari 126 kelurahan se-Bandar Lampung selama 6 hingga 26 Februari 2023.

Beberapa kelurahan yang tidak masuk dalam sampel verifikasi adalah Gunung Sari, Rawalaut, Tanjungkarang, Tanjungagung Raya, Tanjungbaru, Penengahan, Penengahan Raya, Kedaung, Sumber Agung, Ketapang Kuala, Gedong Meneng Baru, Sukabumi, Way Laga, Kelapa Tiga Permai, Sukajawa Baru, Sawah Lama, Sukarame II,Gedong Pakuan, dan Jagabaya III.

Pelaksanaan itu baru dilakukan terhadap data 1.499 dukungan dari 12 calon yang baru diturunkan KPU Lampung. (lpc)