Polri Rotasi Pejabat Polda Lampung

Avatar
Redaksi | Polda Lampung
oleh
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad

BANDAR LAMPUNG – Menjelang pergantian tahun 2022, Kapolri Jenderal keluarkan tiga surat Telegram Rahasia (TR) tentang mutasi terhadap 704 personil Korp Bhayangkara, termasuk di jajaran Pejabat Utama Polda Lampung dan kapolres.

Hal tersebut tertuang dalam TR kapolri dengan nomor ST/2774/XII/KEP./2022 sebanyak 21 personel, ST/2775/XII/KEP./2022 sebanyak 162 personel, ST/2776/XII/KEP./2022 sebanyak 374 personel dan ST/2777/XII/KEP./2022 sebanyak 147 personel. Total 704 personel.

Kapolda Lampung Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., melalui Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., membenarkan TR mutasi tersebut.

Sejumlah nama di mutasi diantaranya Wakapolda Lampung, Pejabat Utama, Kapolres jajaran, Wakapolres dan pejabat di Biro SDM polda lampung, mutasi merupakan hal yang biasa di dalam institusi polri dalam rangka evaluasi, promosi, dan penyegaran.

“Disampaikan juga sebagai penguatan organisasi agar presisi dalam menjalankan program prioritas kapolri selaras tugas pokok polri sebagai pelindung, pengayom, pelayanan masyarakat, penegakan hukum dan pemecah masalah yang dihadapi masyarakat,” kata Pandra.

Pandra menjelaskan, dalam TR tersebut Brigjen Pol Dr. Umar Effendi, S.I.K., M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Dirkamneg Baintelkam Polri diangkat menjadi Wakapolda Lampung menggantikan Brigjen Pol. Drs. Subiyanto yang menjadi Pati Polda Lampung (dalam rangka pensiun).

Baca Juga  Skema Delaying System Disebut Mampu Atasi Arus Mudik Lebaran 2024

Ada sejumlah pejabat Utama yang di promosikan ke jabatan lain, di antaranya Kombes Pol Ari Rachman, SIK , Direskrimsus Polda Lampung menjadi Auditor Kepolisian Madya Tk III Itwasda Polda Jabar. Posisinya digantikan AKBP Donny Arief Praptomo, SIK, MH yang sebelumnya Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya.

Kombes Pol Endang Widowati, yang sebelumnya menjabat Karo SDM Polda Lampung dimutasikan sebagai Pamen Polda Lampung (dalam rangka pensiun), posisinya digantikan oleh Kombes Pol Riyadi Nugroho, S.I.K., yang sebelumnya menjabat Karo SDM Polda Sulawesi Utara.

Kabidkeu Polda Lampung Kombes Pol. Widada, S.Pd, di promosikan sebagai Kabidkeu Polda NTT. Posisinya digantikan oleh Kombes Pol Wahyu Mariyati, S.E. yang sebelumnya menjabat sebagai Kabidkeu Polda Kepri.

Selanjutnya kata Pandra, Kombes Pol Aris Supriyono, SIK, MSi, sebelumnya menjabat Dirresnarkoba Polda Lampung di promosikan sebagai Kapolresta Sleman Polda DIY. Posisinya digantikan AKBP Erlin Tangjaya yang sebelumnya menjabat Wakapolres Metro Jakarta Utara.

Kombes Pol Sri Winugroho, SIK, M.H., yang sebelumnya menjabat kepala SPN Polda Lampung dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri dalam rangka evaluasi jabatan, posisinya digantikan oleh Kombes Pol Frenky Yusandhy, S.IK.,M.A., yang sebelumnya menjabat sebagai Kabidseum Pusjarah Polri, kata Pandra.

Baca Juga  Gudang BBM Diduga Ilegal Terbakar di Natar, ini Penjelasan Polda Lampung

Pandra melanjutkan, Kombes Pol. Ari Rachman Nafarin, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Lampung di Promosikan sebagai Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasda Polda Jabar. Posisinya digantikan AKBP Donny Arief, Praptomo S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya.

Beberapa Pejabat Kapolres Jajaran Polda Lampung juga di ganti, diantaranya AKBP Hujra Saumena, SIK, MH, sebelumnya menjabat Kapolres Tulang Bawang Polda Lampung, di promosikan sebagai Wakapolresta Serang Banten. Posisi Kapolres Tulang Bawang digantikan oleh AKBP. Jibrael Bata Awi, S.IK, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit3 Ditreskrimum Polda Sultra.

AKBP Sunhot P Silalahi, SIK, MM, Pejabat Kapolres Tulang bawang Barat, di Promosikan sebagai Wadirreskrimum Polda Riau, Posisinya digantikan AKBP Ndaru Istimawan, SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Detasemen (Danden Gegana) Satbrimob Polda Banten.

AKBP Satya Widhi, S.I.K., M.K.P. yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tanggamus Polda Lampung di promosikan sebagai Wadirlantas Polda Sulsel, posisinya digantikan oleh AKBP Siswara Hadi C, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalsel.

Baca Juga  Skema Delaying System Disebut Mampu Atasi Arus Mudik Lebaran 2024

Kapolres Lampung Timur yang sebelumnya di jabat oleh AKBP Zaky Alkazar Nasution, S.H., S.I.K., M.H.
Di promosikan sebagai Kasubbidsespimmen Bidpengsos Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan oleh AKBP M. Rizal Muchtar, S.H., S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 4 Ditintelkam Polda Lampung.

AKBP Yuni Iswandari, SIK,MH,yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Metro di Promosikan sebagai Kasubbagjakkermadiklat Bagjakdiklat Rojianstra SSDM Mabes Polri. Posisi Kapolres Metro digantikan oleh AKBP Heri Sulistyo Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit I Subdit Sumber Daya Mineral dan Perhubungan Ditekonomi Baintelkam Polri.

Kabagdalpers Ro SDM Polda Lampung yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Retno Prihawati, S.Sos., S.I.K. M.H. di promosikan sebagai Atase Pol/SLO Divhubinter Polri. AKBP Ganda M.H. Saragih, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolresta Balam Polda Lampung turut di promosikan sebagai Penata Kebijakan Polri Madya TK.III Sahli Kapolri.

Posisi terakhir yang mendapat Promosi dari Kapolri adalah AKBP Alsyahendra, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Lampung di Promosikan sebagai kapolres Pesisir Barat Polda Lampung (dlm rangka pembentukan Polres baru), tutup Pandra. (dn/penmas)