Pemkot Balam Siagakan Nakes di Setiap Pospam

Avatar
Redaksi | Bandarlampung
oleh
Ilustrasi/Net

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menyiagakan tenaga kesehatan (nakes) di setiap Posko Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 guna melayani masyarakat atau pemudik yang kurang sehat dalam perjalanan.

“Kami siagakan 1 tim petugas kesehatan yang terdiri atas empat hingga lima nakes di setiap posko yang dibentuk oleh pihak kepolisian,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Desti Mega Putri di Bandarlampung, Sabtu.

Dia mengatakan bahwa penempatan nakes di setiap posko yang dibentuk oleh Polresta Bandarlampung tersebut, untuk mendukung kegiatan natal dan tahun baru yang aman dan nyaman.
“Jadi kami tidak membuat posko kesehatan tersendiri. Di setiap posko tersebut juga disiapkan satu buah mobil ambulans guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

Ia pun mengimbau masyarakat, terutama pemudik yang merasa tidak enak badan saat melakukan perjalanan bisa beristirahat terlebih dahulu di posko-posko yang telah dibentuk dan dapat memeriksakan kesehatannya di sana.

“Di posko itu nakes siap melayani pemeriksaan kesehatan masyarakat, bahkan bila ada yang mau vaksinasi COVID-19 juga bisa karena di sana pun telah disediakan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamanan (Pospam) Natal dan Tahun Baru di Tugu Radin Intan, Bandarlampung Iptu Rudi mengatakan bahwa pelayanan kesehatan sudah langsung berjalan saat posko dibentuk Jumat (23/12) dan akan berakhir pada tanggal 2 Januari 2023.

“Bagi pelaku perjalanan yang ingin istirahat bisa di posko ini bahkan di sini juga ada pelayanan vaksinasi COVID-19,” kata dia.

Menurutnya, masyarakat yang sudah letih dan mengantuk karena capai saat dalam perjalanan sebaiknya beristirahat sejenak agar kondisi tubuh kembali baik, sehingga dapat mengantisipasi terjadinya hal buruk di jalan.

“Kami selalu imbau masyarakat untuk selalu patuhi lalu lintas dan berhati-hati saat berkendara. Kemudian bila capai bisa istirahat dan memeriksakan kesehatannya di pos-pos yang telah disediakan,” kata dia. (an)