Kasad Dianugerahi Pin Emas

Avatar
Redaksi | SMSI | TNI
oleh
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dianugerahi Pin Emas yang disematkan langsung oleh Firdaus selaku Ketua Umum SMSI/FOTO: Dispenad

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat () Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengajak insan pers untuk berperan aktif dalam menangkal merebaknya penyebaran hoaks dan berita kebohongan dengan memberikan berita-berita kebenaran.

Ajakan itu disampaikan selaku Ketua Dewan Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat saat membuka Rapat Kerja Pimpinan Nasional (Rapimnas) SMSI tahun 2022 yang digelar di Aula A.H. Nasution, Mabesad, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Dikatakan , perkembangan teknologi dan informasi di era digital telah menghadirkan tantangan dan ancaman baru bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana era post-truth telah menandai pergeseran sosial yang melibatkan media arus utama (mainstream) dan para pembuat opini di mana fakta berkontestasi dengan hoaks dan kebohongan untuk dipercaya publik.

Oleh karenanya lanjut Kasad, dengan hadirnya media sosial, maka media mainstream tidak lagi menjadi rujukan utama, sehingga menjadi tantangan bagi media siber khususnya bagi SMSI dalam menangkal pemberitaan yang mengandung unsur hoaks.

“Saya berharap dengan keberadaan SMSI ini bisa menetralisir keadaan, serta dapat mengcounter berita-berita kebohongan dengan memberikan berita kebenaran,” ujarnya.

Di hadapan sekitar 250 peserta Rapimnas SMSI tersebut, Kasad juga mengajak untuk mengembangkan jurnalisme damai yaitu menyediakan informasi yang jujur, jernih, dan seluas mungkin mengenai apa yang layak dan perlu diketahui oleh masyarakat dengan mengedepankan fakta dan Kode Etik Jurnalistik.