Pemuda Baduy Bebersih Sampah Plastik

Redaksi
Redaksi | Nasional
oleh
Foto: Istimewa

Menjaga , sejumlah pemuda melakukan bebersih plastik yang sudah menjadi persoalan serius bagi masyarakat.

Komponen masyarakat Suku di Desa Kanekes, Leuwidamar, kabupaten Lebak Banten, bergerak memerangi plastik dengan menggelar aksi bersih-bersih kali di sekitar jalur jalan Ciboleger hingga Gazebo yang diikuti oleh sejumlah pemuda.

Salah satu tokoh pemuda , Saidam mengatakan bahwa aksi gotong royong itu merupakan bagian dari upaya pengurangan timbunan plastik di berbagai titik yang bertujuan agar lingkungan tidak tercemar,” ujarnya seperti di lansir dari bungasbanten.com.

“Adapun aksi yang dilakukan menyasar plastik di sekitar perkampungan dan jalur jalan dari Ciboleger hingga Gazebo,” lanjut Saidam, Sabtu (18/7/2020).

Saidam menambahkan bahwa aksi pungut sampah ini sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. “Sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, ini mulai aktif lagi karena sampah plastik bertambah dan mengkhawatirkan,” ujarnya.

Begitu juga Sapri, salah satu warga lainnya mengatakan bahwa untuk mengantisipasi adanya perilaku buang sampah sembarangan oleh pengunjung yang datang ke Baduy, pihaknya sudah mulai menyiapkan tempat sampah dari bambu yang setiap waktu dibuang secara kolektif. “Hal yang paling penting bagi kami di Baduy adalah melakukan menjaga alam akan kebersihan,” tegas Sapri.

Sapri melanjutkan, bahwa saat ini di Baduy mulai disiapkan satu tempat sampah di setiap rumah. “Karena Baduy berada di daerah pegunungan, di daerah hulunya sungai, maka Suku Baduy berusaha untuk membersihkan area perkampungan hingga ke daerah aliran sungai agar terjaga kebersihannya,” pungkasnya. (banten.siberindo.co)