5 Spot Arung Jeram yang Paling Memacu Adrenalin

Muhammad Oksan
Muhammad Oksan | Traveling
oleh
Spot arung jeram terbaik di Indonesia. (Foto: Shutterstock/bukareview)

Kalau kamu sudah terbiasa berwisata alam ke gunung atau ke pantai, sekarang saatnya kamu harus mencoba hal yang baru, yaitu ke sungai. Jangan anggap remeh wisata ke sungai loh, karena di sungai kamu bisa mencicipi atraksi yang bisa membuat darah mengalir cepat dengan melakukan . Beruntungnya kita tinggal di Indonesia, negara kita mempunyai banyak spot terbaik untuk melakukan . Di mana saja? Simak ulasannya!

1. Sungai Lamandau Kalimantan Tengah

Kalimantan memang terkenal akan sungainya, jangan heran kalau arung jeram di sini yang terbaik. (Foto: Shutterstock)
Kalimantan memang terkenal akan sungainya, jangan heran kalau di sini yang terbaik. (Foto: Shutterstock)

Sudah sejak zaman dahulu kala, Kalimantan dikenal sebagai pulau yang memiliki sungai yang panjang dan beraliran deras. Dengan kondisi alam tersebut, masyarakat sekitar mulai memanfaatkan kesempatan yang ada untuk dijadikan destinasi wisata khususnya yang berkaitan dengan olahraga seperti arung jeram.

Salah satu spot yang terkenal adalah Sungai Lamandau, di Kalimantan Tengah. Di spot ini kamu sebagai pecinta rafting akan mendapatkan pengalaman menantang yang berbeda. Ketika rafting, kamu akan ditemani oleh pohon-pohon tinggi yang menjulang di sisi-sisi sungai.

Tidak hanya itu, Sungai Lamandau juga memiliki aliran arus yang deras dengan jeram-jeram yang menawan dan alur sungai yang berkelok-kelok. Jadi kalau kamu ingin rafting ke Lamandau, kamu akan mendapatkan paket rafting yang lengkap dengan sungai deras, alur panjang, dan pemandangan yang sangat indah!

2. Sungai Alas, Aceh

Sungai terpanjang di Aceh ini menawarkan atraksi arung jeram yang komplit. (Foto: Shutterstock)
Sungai terpanjang di Aceh ini menawarkan atraksi arung jeram yang komplit. (Foto: Shutterstock)

Sungai Alas merupakan sungai terpanjang di Provinsi Aceh yang mengalir membelah Taman Nasional Gunung Leuser sampai berujung di Samudera Hindia. Untuk diketahui, dalam arung jeram, terdapat tingkat kesulitan dari sungai. Grade paling gampang yaitu 1, sedangkan yang paling susah ialah grade 6.

Nah, di Sungai Alas, semuanya komplit mulai untuk pemula hingga profesional. Kalau kamu yang masih pemula dalam arung jeram, kamu bisa mencicipi derasnya Sungai Alas dari Muarasitulan di Kota Kutacane sampai ke Kota Gelombang. Sedangkan untuk kamu yang sudah profesional, spot yang cocok buat kamu dari Angusan dekat Blangkejeran.

Tidak hanya itu, dengan pemandangan hutan tropis yang ada pada sisi sungai menambahkan suasana yang liar. Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa melihat satwa-satwa yang hanya biasanya kamu temukan di penangkaran seperti monyet, gajah, burung, dan rusa muncul ke tepian sungai untuk minum.

Kamu juga akan merasa puas berarung jeram di sini karena untuk menuntaskan perjalanan rafting di sini bisa mencapai 6 jam. Wah harus siap fisik dan mental, nih!

3. Sungai Pekalen, Jawa Timur

Sungai Pekalen di Probolinggo menawarkan olahraga arung jeram yang sangat berkesan. (Foto: Shutterstock)
Sungai Pekalen di Probolinggo menawarkan olahraga arung jeram yang sangat berkesan. (Foto: Shutterstock)

Kalau kamu ke Jawa Timur hanya ke Surabaya, wisata kamu akan kurang lengkap! Kamu harus coba arung jeram di Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur. Tempat wisata yang satu ini berjarak sekitar 125 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan dari Surabaya.

Hampir sama seperti di Sungai Alas, Aceh, Sungai Pekalen juga menawarkan dua jalur sungai berbeda untuk kamu pemula dan pro. Untuk para profesional direkomendasikan untuk menjajal jalur Pakelan atas, karena memiliki arus yang lebih deras dan juga ekstrem. Sedangkan Pakelan bawah, dengan arus yang lebih stabil lebih direkomendasikan untuk pemula.

4. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Selain ke Bunaken, kamu juga bisa ke Sungai Nimanga Sulut. (Foto: Shutterstock)
Selain ke Bunaken, kamu juga bisa ke Sungai Nimanga Sulut. (Foto: Shutterstock)

Wisata bahari di Sulawesi Utara bukan hanya menawarkan Bunaken sebagai ujung tombaknya. Di sini, untuk wisata ekstrem seperti arung jeram juga ada, yaitu di Sungai Nimanga, tepatnya di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa.

Destinasi ini terbilang cukup dekat dari ibu kota Sulawesi Utara, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Manado. Selama perjalanan, kamu akan disambut dengan deretan rumah panggung maupun rumah berlantai dua dari kayu khas Minahasa. Selain itu kamu juga akan melalui areal kebun cengkeh hingga durian yang akan memanjakan mata.

Ketika sudah mulai terjun ke sungai, ada banyak jeram yang akan membuat jantung kamu berpacu cepat, salah satu yang terkenal adalah Golden Gate yang merupakan jeram besar pertama yang akan ditemui. Selain itu ada jeram yang sangat menantang bernama Jeram Good Bye dengan tingkat kesulitan yang tinggi, tentunya jeram-jeram tersebut direkomendasikan untuk kamu yang sudah cukup berpengalaman ya!

5. Sungai Telaga Waja, Bali

Ke Bali jangan hanya ke pantai saja, kamu juga bisa bermain arung jeram di sungai Telaga Waja. (Foto: Shutterstock)
Ke Bali jangan hanya ke pantai saja, kamu juga bisa bermain arung jeram di sungai Telaga Waja. (Foto: Shutterstock)

Salah satu Sungai terpopuler di Bali untuk arung jeram adalah sungai Telaga Waja, di Karangasem, Bali. Sungai ini sudah menjadi incaran banyak wisatawan baik nusantara hingga mancanegara. Dengan fakta tersebut, tentunya kamu tidak perlu ragu lagi tentang kesempurnaan sungai Telaga Waja untuk arung jeram.

Untuk dapat menuntaskan perjalanan di sungai Telaga Waja pun tidak memerlukan waktu yang cukup lama, hanya sekitar 2,5 jam kamu akan puas berarung jeram di sini. Kalau kamu berminat untuk datang ke sini, kamu sebaiknya datang pada saat musim kemarau, karena sungai Telaga Waja menawarkan arus sungai yang cukup deras.

Jadi, sudah siap untuk basah-basahan sambal arung jeram? (bukareview)