10 Makanan Khas Turki yang Mendunia

Muhammad Oksan
Muhammad Oksan | Kuliner
oleh
helengraves.co.uk/gotravelly

merupakan salah satu negara yang terletak di dua benua yaitu Asia dan Eropa. Negara yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam ini memiliki banyak tempat wisata menarik seperti Hagia Sophia, Istana Topkapi, Selat Bosphorus dan Blue Mosque yang terkenal. Tak hanya tempat wisata yang lekat dengan sejarah peradaban Islam saja, juga menjadi destinasi wisata kuliner favorit lho! Salah satu makanan khas yang paling digemari di berbagai belahan dunia adalah kebab.

Kebab sendiri merupakan irisan daging kambing atau sapi dilengkapi bahan lain seperti bawang Bombay, tomat, selada, jamur dan saus. Cara memanggang daging kambing dan sapi yang diputar dalam tiang panggangan yang cukup unik. Ternyata tak hanya kebab saja, Anda bisa menemukan 10 makanan khas Turki yang begitu mendunia berikut ini.

1. Baklava

YouTube.com

Di Indonesia, Baklava mungkin hampir mirip dengan bolen pisang yang cukup favorit dikalangan masyarakat. Baklava khas Turki merupakan roti lapis yang berisi kacang dan dihidangkan dengan sajian madu atau sirup. Rasa manis akan membuat Anda begitu menyukai sensasi legit yang dihadirkan kue khas Turki ini.
Kalau liburan ke Haghia Sopia, Anda harus mampir ke toko-toko roti Turki yang menyajikan makanan khas Turki satu ini. Baklava cocok disajikan bersamaan dengan minum teh hangat bersama dengan keluarga saat senja tiba.

2. Borek

makanan khas turki

minkysapi.blogspot.com

Makanan khas Turki lain yang tidak boleh dilewatkan saat berada di kedai Turki atau Timur Tengah lain adalah Borek. Menu satu ini hampir mirip dengan Baklava yang memiliki isian keju, irisan daging cincang, sayur bayam dan kentang. Cita rasa Borek lebih gurih dibandingkan Baklava yang memiliki rasa lebih manis. Setidaknya Anda bisa memilih Borek gurih atau Borek basah empuk yang lumer. Borek akan dihidangkan dengan wijen hitam yang super enak. Tak heran kalau makanan khas Kekaisaran Utsmaniyah ini begitu mendunia.

3. Dolma

glowkitchen.com

Mungkin sekilas Dolma mirip dengan lemper di Indonesia. Hanya saja, kulit Dolma bisa dimakan lho! Makanan khas Turki satu ini terbuat dari bahan terong, paprika, tomat, kol serta buah anggur. Sedangkan isian Dolma terdiri dari nasi dan daging cincang lezat yang akan dikukus sampai matang. Dolma sangat cocok dijadikan menu pengganjal perut saat Anda lapar. Dolma sendiri menjadi menu yang cukup populer di berbagai negara Timur Tengah termasuk bagian kawasan Mediterania.

4. Dondurma

makanan khas turki

carnivalmunchies.com

Makanan khas Turki yang satu ini cukup terkenal di berbagai belahan dunia. Bahkan, Anda akan menemukan Dondurma yang disajikan oleh food truck bertema kuliner Turki. Ya, Dondurma merupakan es krim yang memiliki tekstur lengket sebab menggunakan salep yang terbuat dari tepung akar tanaman anggrek dan mastic getah tumbuhan. Tak heran kalau teksturnya lebih lengket, ya! Anda bisa menemukan es krim yang disebut Dondurma ini di mana saja. Tak hanya bisa menikmati es krim khas Turki yang istimewa, Anda juga bisa menyaksikan atraksi penjual Dondurma yang begitu menghibur.