5 Robot Hebat Buatan Indonesia

Muhammad Oksan
Muhammad Oksan | Techno
oleh
Robot pemadam kebakaran Beater 2.3 [image source/boombastis]

Untuk masalah teknologi terutama robotika, Indonesia mungkin masih kala jauh dengan Amerika atau pun Jepang. Namun bukan berarti bangsa ini tak bisa membuat kan? Apalagi dewasa ini banyak sekolah-sekolah dan kampus mulai membuat klub robotika untuk mengenalkan teknologi kepada siswa. Selain di sekolah dan kampus, saat ini banyak klub robotika hadir secara mandiri untuk mengenalkan teknologi kepada masyarakat secara umum.

Hingga sekarang, Indonesia sudah banyak membuat -robot hebat yang bisa berguna untuk bidang militer dan juga industri. Di bawah ini adalah contoh robot hebat yang sudah dibuat oleh Indonesia. Mari kita simak bersama-sama.

1. Robot Gegana

Robot Gegana adalah robot yang dibuat oleh Tim Penjinak bom, Gegana Brimob, Polri. Robot ini diciptakan untuk menjinakkan bom dari jarak jauh. Dengan menggunakan robot ini risiko terkena ledakan bom akan menurun dengan sangat dratis. Bahkan Gegana tak perlu terlalu mendekat ke lokasi dan cukup menggerakkan robotnya dari jauh.

Robot Gegana untuk menjinakkan bom [image source]
Robot Gegana untuk menjinakkan bom [image source]

Selain kemampuan untuk menjinakkan bom seperti robot MK2 buatan Kanada. Robot ini juga memiliki persenjataan yang bisa digunakan untuk menembak. Selain itu, robot Gegana ini juga mampu menarik benda hingga seberat 70 kg.

2. Robot Tempur TNI AD

Sebelum Polri melalui Gegana membuat robot yang mampu menjinakkan bom. TNI AD di Malang mampu membuat sebuah prototype robot tempur yang menyerupai miniatur sebuah tank. Robot ini mampu dikendalikan hingga jarak 1 km dari pusat kendali. Artinya, untuk perang jarak jauh, robot ini akan sangat berguna.

Robot tempur TNI AD [image source]
Robot tempur TNI AD [image source]

Oh ya, robot ini mampu menarik beban hingga 150 kg meski memiliki dimensi yang cukup mini. Robot tempur ini hanya memiliki panjang 1,5 meter dan lebar 0,5 m. Robot Tempur milik TNI AD ini mampu bergerak dengan kecepatan 60 km/jam dan energinya berasal dari dua baterai 36 volt yang ditanamkan di dalamnya.

3. MoroLipi

Selain robot Gegana yang diciptakan oleh Polri. Indonesia juga memiliki salah satu robot hebat yang difungsikan sebagai penjinak bom. Robot ini dibuat oleh LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai salah satu proyek untuk pengembangan robotika di Indonesia agar semakin maju.

MoroLipi robot penjinak bom buatan LIPI [image source]
MoroLipi robot penjinak bom buatan LIPI [image source]

MoroLipi dibuat prototype pertama kali di tahun 2004. Sejak saat itu, penyempurnaan demi penyempurnaan terus terjadi hingga yang terbaru dirilis pada tahun 2010. Pihak LIPI yang mengembangkan robot ini mengatakan jika harga robot MoroLipi jauh lebih murah dari robot impor sejenis yang unik mencapai 1 miliar rupiah.