Ini Dia Aplikasi Edit foto Terbaik di Android

Muhammad Oksan
Muhammad Oksan | Techno
oleh
Kredit gambar: 123RF Limited / Google Play Store/msdpn

Mengunggah foto ke media sosial tanpa mengeditnya terlebih dahulu bisa diibaratkan seperti warung padang tanpa rendang. Ini banyak dipercaya, karena, memberikan sentuhan terakhir, seperti mengatur kecerahan atau membubuhkan filter pada sebuah foto, dapat menjadikannya lebih enak dipandang – setidaknya menurut yang mengedit, hehe. Oleh karena itu, saya sudah merangkum beberapa edit foto terbaik di yang dapat dicoba untuk membuat foto, atau gambar apapun, menjadi lebih “likeable.”

Perlu diperhatikan juga, memberikan efek atau filter yang berlebihan, menurut saya, dapat memberikan kesan “meh” pada foto yang telah atau sedang diedit. Karenanya, berbijaklah, wahai pengguna!

Edit Foto Terbaik Untuk

1. Adobe Lightroom

edit foto pertama yang ingin saya bahas adalah Adobe Lightroom. Aplikasi dari Adobe ini menyediakan fitur untuk mengatur warna dan juga kecerahan pada foto yang sedang diedit, yang dapat dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, disediakan juga alat dasar, atau tool, untuk memutar dan memotong foto.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: Adobe / Google Play Store

Adobe Lightroom populer karena preset yang ditawarkan dapat membuat foto menjadi lebih hidup dan berkesan. Preset yang digunakan juga dapat diatur ulang untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Karena Lightroom juga tersedia di desktop dan web, preset-preset tersebut juga dapat disimpan dan disinkronkan ke semua perangkat melalui akun Adobe Creative Cloud.

Adobe Lightroom di juga menawarkan beberapa fitur premium, seperti Selective, Healing, dan Geometry. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna yang sudah berlangganan paket Creative Cloud. Namun, Adobe juga menyediakan masa uji coba selama 30 hari bagi pengguna yang ingin mencobanya.

Unduh di Play Store

2. Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh Google, yang, menurut halamannya di Play Store, mengkategorikannya sebagai aplikasi edit foto “profesional.” Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki antarmuka yang sederhana, membuat seluruh fitur yang ditawarkan lebih mudah digunakan.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Snapseed memiliki 29 alat dan filter, termasuk Details, Crop, Rotate, Healing, Brush, Structure, HDR, dan Perspective.

Semua filter yang diterapkan juga dapat diatur ulang sesuai dengan selera pengguna. Selain itu, yang paling saya suka, Snapseed juga mendukung foto dengan format RAW dan DNG, dan dapat mengekspornya ke format JPG.

Yang paling penting dan menarik, ialah, Snapseed dapat diunduh secara gratis, dan tidak berisi ikan. Google juga tidak menawarkan fitur premium yang dapat diakses melalui pembelian dalam aplikasi; karena semua fitur yang ditawarkan dapat digunakan secara gratis.

Unduh di Play Store

3. Adobe Photoshop Express

Dulu, ketika ada foto yang diedit, pasti aplikasi yang pertaka kali ada di benak pengguna ialah Photoshop. Karena tuntutan zaman, Adobe juga telah mengembangkan aplikasi legendaris tersebut untuk perangkat Android, meskipun ada imbuhan kata “Express” di belakangnya.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: Adobe / Google Play Store

Aplikasi ini tentunya berbeda dengan Lightroom, yang memfokuskan pengeditan foto berdasarkan preset yang ditawarkan. Selain memiliki alat dasar seperti Crop, Rotate, et cetera et cetera, Adobe Photoshop Express juga menawarkan fitur menarik lainnya, seperti:

  • Auto-Fix yang dapat memberikan penyesuaian, atay adjustment, pada foto dengan sekali sentuhan;
  • Blemish Removal untuk menghilangkan kotoran dari foto;
  • Corrections untuk mengatur kontras, eksposur, temperatur, dan sejenisnya;
  • Dll.

Adobe Photoshop Express juga memiliki 80+ filter yang dapat digunakan untuk memberikan “gaya” yang berbeda terhadap foto pengguna. Selain itu, Photoshop Express juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat kolase foto.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur eksklusif yang dapat diakses ketika pengguna telah masuk menggunakan akun Adobe. Meskipun begitu, semua fiturnya sudah dikemas di antarmuka yang sederhana, membuatnya mudah dan cepat untuk digunakan. Mungkin ini maksud dari kata “Express,” huh?

Unduh di Play Store