Bawang Putih Untuk Kesehatan, Ini 10 Manfaatnya

Muhammad Oksan
Muhammad Oksan | Health | Pesawaran
oleh
(foto:net)

tidak hanya berfungsi sebagai bumbu wajib yang ada di rumah, melainkan juga diyakini ampuh menjaga kesehatan tubuh Anda. Apalagi jika dikunyah mentah-mentah. Lantas, apa saja manfaat mentah bagi kesehatan?

adalah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Allium sativum. Dalam satu buah bawang putih umumnya terdapat 1-10 siung. Satu siung bawang putih mentah (3 gram) mengandung:
4,5 kalori
1 gram karbohidrat
0,2 gram protein
0,1 gram serat
0,01 gram lemak
0,03 gram gula alami
5 miligram kalsium
1 miligram magnesium
11 miligram kalium

Mangan sebanyak 3% kebutuhan harian tubuh
Selenium sebanyak 1% kebutuhan harian tubuh
0,9 miligram vitamin C atau setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh
0,05 miligram zat besi atau setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh
Tembaga, fosfor, dan vitamin B1
Bawang putih juga mengandung senyawa sulfur aktif, seperti diallyl disulfide dan s-allyl cysteine. Saat bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, maka zat-zat tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

Manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan
Berikut adalah berbagai manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan yang sebaiknya tidak Anda abaikan.

1. Menangkal pilek, radang, dan batuk
Bawang putih adalah salah satu obat alami yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini berkat senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih. Senyawa tersebut terbukti ampuh membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, flu, batuk, dan radang tenggorokan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki potensi terkena pilek lebih rendah daripada kelompok yang hanya mengonsumsi obat plasebo.

Sementara, hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi risiko terkena pilek dan flu.

2. Mengobati jerawat membandel
Jika cara menghilangkan jerawat yang Anda lakukan tidak kunjung berhasil, maka tak ada salahnya mencoba manfaat bawang putih mentah satu ini. Ya, bawang putih mentah dapat membantu mengobati jerawat yang membandel.

Sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Angewandte Chemie mengemukakan bahwa allicin yang terkandung dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan asam sulfenat yang terbentuk dari dekomposisi allicin dapat membantu meringankan bekas jerawat, penyakit kulit, dan sejumlah alergi.

3. Mengatasi rambut rontok
Manfaat bawang putih mentah yang tak disangka-sangka adalah mengatasi rambut rontok. Bawang putih mentah dapat memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala bagi penderita alopecia atau kebotakan. Hal ini berkat zat sulfur yang mengandung keratin tinggi di dalamnya.

4. Menurunkan kolesterol
Salah satu manfaat bawang putih mentah adalah mencegah kadar kolesterol tinggi. Sebuah penelitian terdahulu yang dipublikasikan dalam Journal of Postgraduate Medicine menunjukkan bahwa makan sekitar 10 gram atau sekitar 1-2 bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berturut-turut berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis.