12 Cara Mengatasi Sakit Gigi Alami Sebelum Kedokter

Muhammad Oksan
Muhammad Oksan | Health
oleh
Ilustrasi: Ist

mungkin pernah dialami oleh semua orang. Rasa nyut-nyutan bisa sangat mengganggu dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari.

Sayangnya saat kadang tak bisa langsung diatasi dengan pergi ke dokter. Di saat inilah cara mengobati yang alami dan obat-obatan darurat diperlukan untuk meringankan rasa nyeri dan nyut-nyutan.

Berikut 10 cara mengobati sakit gigi yang alami dan ampuh sebelum pergi ke dokter:

1. Kompres es

Cara mengobati sakit gigi yang ampuh dan alami pertama adalah menggunakan kompres es. Caranya adalah es dibungkus handuk dan disentuhkan pada bagian yang membengkak akibat sakit gigi biasanya area wajah atau rahang. Kompres selama 15-20 menit biasanya mampu meringankan nyeri saat sakit gigi.

Setelah kondisi terasa lebih baik disarankan segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bengkak saat sakit gigi biasanya disebabkan luka, kantung nanah, atau ada masalah pada akar. Kondisi ini berisiko mengakibatkan infeksi serius yang menyebar ke gigi lain, jika tidak diperiksakan ke dokter gigi secepatnya.

2. Mengangkat kepala

Dalam beberapa kasus, mengangkat kepala efektif sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami dan ampuh. Cara ini biasanya diterapkan saat sakit gigi menyerang di malam hari hingga menyebabkan tidak bisa tidur.

Aplikasi cara ini adalah menggunakan bantal tambahan saat hendak istirahat malam. Kepala yang terangkat mencegah peningkatan tekanan akibat darah yang mengalir ke area mulut dan kepala. Hasilnya rasa sakit bisa lebih ringan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi pembengkakan. Saat rasa nyeri berkurang, pastikan segera ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

3. Kumur air garam

Menggunakan air garam untuk kumur adalah cara mengobati sakit gigi darurat yang sering diterapkan di rumah. Air garam adalah bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang. Air garam juga merupakan disinfektan alami yang membantu membersihkan gigi dari sisa makanan.

Untuk mengaplikasi cara ini, cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air biasa atau hangat. Larutan tersebut selanjutnya digunakan sebagai obat kumur saat sakit gigi. Seperti aplikasi metode lain, disarankan segera ke dokter jika sakit gigi terasa lebih baik usai kumur dengan air garam.