10 Hewan Paling Beracun di Dunia yang Sangat Mematikan

Muhammad Oksan
Muhammad Oksan | Unik
oleh
(foto:net)

Coba tebak, kira-kira apa hewan paling beracun di dunia? Apakah laba-laba atau ular kobra? Mereka mungkin ada dalam daftar, namun yang paling beracun bisa jadi belum kamu duga sebelumnya. Dilansir dari Conservation Institute, berikut urutannya dari 10 besar hingga yang paling beracun.

10. Ikan buntal (Tetraodontidae), ikan beracun yang banyak dijajakan sebagai makanan di Jepang
Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
kids.nationalgeographic.com

Ikan buntal mungkin lucu, namun ikan ini adalah salah satu ikan paling beracun di dunia. Ikan buntal paling banyak berenang di perairan Jepang, Cina, dan Filipina dan Meksiko. Meski berbisa, ikan buntal dapat dimakan bila disajikan dengan mengikuti langkah keamanan pangan yang benar.

Kulit, jaringan otot, hati, dan gonad (kelenjar kelamin) ikan buntal semuanya mengandung racun yang disebut tetrodoxin. Jika kurang beruntung saat mengonsumsinya, kamu akan mengalami sensasi geli, rasa terbakar di mulut, mual, sakit kepala, dan masalah bicara hingga koordinasi.

Sementara itu, jika menelan terlalu banyak, kamu akan mengalami kejang, kelumpuhan, aritmia jantung dan kematian. Uniknya, ikan buntal biasa disajikan dengan harga mencapai Rp3 juta per porsi loh!

9. Katak beracun (Dendrobatidae), meski punya warna yang sangat indah, katak ini sangat mematikan
Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
kids.nationalgeographic.com

Satu lagi makhluk lucu dan bermotif cerah. Katak beracun biasanya hidup di Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Hawaii. Racun yang dimiliki kelenjar katak sendiri disebut batrachotoxin. Racun ini memblokir sinyal saraf ke otot sehingga menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

Uniknya, katak yang ada di penangkaran sering gak beracun, berbeda dengan yang hidup di alam liar. Ternyata, racun ini berasal dari bahan kimia dalam makanan katak.

8. Ular taipan pedalaman (Oxyuranus microlepidotus) bisa membunuh dalam 45 menit
Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 

Ada banyak ular beracun, tetapi taipan pedalaman termasuk ular yang paling mematikan di dunia ini. Ular ini tinggal di Australia dan memiliki racun neurotoksin yang mampu membunuh seseorang dalam waktu 45 menit. Untungnya, gigitan taipan pedalaman dapat segera ditangani. Hebatnya, sekarang ini gak ada kematian yang dilaporkan akibat gigitan ular ini.

7. Laba-laba pengembara brasil (Phoneutria), biasa juga disebut laba-laba pisang
Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
yourshot.nationalgeographic.com

Menurut Guinness Book of World Records 2007, laba-laba pengembara brasil dinilai sebagai salah satu hewan paling berbisa di planet ini. Dosis serotonin yang tinggi dalam racun laba-laba pengembara brasil sangat menyakitkan. Neurotoksin yang ada dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

6. Ikan batu (Synanceia verrucosa) yang biasa berbaur dengan bebatuan di dasar laut
Sangat Mematikan, Inilah 10 Hewan Paling Beracun di Seluruh Dunia! 
yourshot.nationalgeographic.com

Ikan ini wajib diwaspadai oleh penyelam karena bisa menyamar menjadi bebatuan di dasar laut. Biasanya, ikan batu ditemukan bersembunyi di atas Tropic of Capricorn (garis balik selatan) bumi. Duri di punggung ikan ini membawa racun yang dapat menyebabkan pembengkakan, nekrosis jaringan, kelumpuhan, syok dan akhirnya kematian. Hebatnya, serangan ikan batu bisa dilakukan dalam hitungan 0,015 detik!

Jika terkena racunnya, korban harus segera diobati. Sementara, rasanya sulit membayangkan mengevakuasi orang yang sedang berenang di dasar laut. Karena itu, saat mencapai permukaan, luka korban sebisa mungkin harus dikompres air panas sembari dibawa ke rumah sakit terdekat.