Resep Chicken Katsu Saus Japanese Curry ala Hotel Mewah

Syavira Putri
Syavira Putri | Resep
oleh

Mau coba masakan yang tak biasa? Mungkin menu Chicken Katsu Japanese Curry ala Mason Pine Hotel ini bisa di coba.

Saus kari Jepang punya rasa yang khas, berbeda dari kari India atau kari Indonesia.

Saus kari Jepang juga cocok jika disajikan dengan beragam makanan, salah satunya adalah chicken katsu.

Chicken katsu dengan saus kari Jepang mungkin bisa jadi salah satu pilihan makanan yang bisa kamu buat sendiri di rumah selama masa physical distancing ini. Bahannya mudah didapatkan dan cara pembuatannya pun tak rumit.

Chef Dena Lesmana, Executive Chef Mason Pine Hotel Bandung berbagi dan cara pembuatan chicken katsu saus Japanese curry dalam Live Instagram sesi #MasakdiRumahAja yang disiarkan di Instagram Kompas.com Travel di @kompas.travel, Kamis (7/5/2020).

Berikut ini dan cara pembuatan chicken katsu saus Japanese curry, bisa jadi inspirasi untuk sajian menu hari ini.

Resep chicken katsu saus japanese curry:

Bahan chicken katsu:
•150 gram filet dada ayam
•100 gram tepung roti
•100 gram tepung terigu
•4 butir telur
•30 gram kentang
•20 gram wortel
•15 gram jahe
•1 liter minyak sayur
•300 gram nasi putih

Bahan saus japanese curry:
•300 gram kari Jepang
•1 sendok teh shoyu
•150 ml air
•1 sendok teh hondashi
•1 sendok makan gula
•2 siung bawang putih
•15 gram jahe
•1 sendok makan saus tomat
•1 sendok makan saus worchester
•30 gram mentega tawar

Cara membuat chicken katsu saus Japanese curry:

—Siapkan dada ayam, lalu belah dada ayam filet tersebut menjadi lapisan yang lebih tipis. “Belah dua biar tipis dan cepat matang. Biar enggak terlalu tebal,” tutur Chef Dena dalam sesi Live Instagram.
—Kemudian siapkan lebih dahulu lapisan tepung dan telur untuk chicken katsu. Tuangkan tepung terigu, telur yang sudah dikocok lepas, dan tepung roti ke dalam piring yang agak melebar. Hal ini untuk mempermudah proses pelapisan dada ayam.
—Lalu beri bumbu dada ayam dengan garam dan lada. Pastikan dua sisinya terlapisi dengan bumbu.
—Selanjutnya lapisi dada ayam dengan tepung terigu. Balur dengan merata, kemudian masukkan dada ayam ke telur, dan lapisi dengan rata.
—Terakhir masukkan dada ayam berbalut telur tersebut ke dalam tepung roti. Pastikan seluruh permukaannya terlapisi tepung roti dengan baik. Tekan-tekan ayam agar memastikan tepung roti menempel dengan baik.
—Setelah itu sisihkan dada ayam. Simpan di dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam chiller lemari es. Hal ini dilakukan agar ayam tetap segar dan tepung menempel dengan baik selama kamu mempersiapkan saus Japanese curry-nya.

—Untuk membuat saus, potong-potong lebih dahulu blok Japanese curry yang bisa kamu dapatkan di supermarket yang biasa menjual makanan Jepang.
—Untuk memotongnya, sebaiknya siapkan alas dari plastik yang ditaruh di atas alas untuk memotong. “Nanti soalnya bakal memberikan noda dan susah untuk dihilangkan. Potong-potong karinya agak tipis supaya cepat larut dan gak makan banyak waktu memasak,” papar Chef Dena.
—Selanjutnya, rajang bawang putih, jahe, dan bawang bombay. Chef Dena punya sedikit tips untuk merajang bawang bombay tanpa menyebabkan mata perih. “Simpan bombay di dalam pendingin kulkan selama 10 menit baru kemudian dipotong atau iris. Itu supaya enggak buat mata pedih. Potong-potongnya bebas sesuai selera mau tipis atau agak tebal,” jelas Chef Dena.
—Tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay hingga kecoklatan menggunakan mentega di dalam panci.
—Kemudian masukkan bahan-bahan lain yakni air, japanese curry, shoyu, hondashi, gula, saus worcester, dan saus tomat ke dalamnya. Aduk merata dan didihkan.
—Sebelumnya, sebaiknya kamu rebus terlebih dahulu potongan kentang dan wortel di dalam air hingga setengah matang. Potong-potong kentang dan wortel kecil-kecil.
—Jika sudah, masukkan kentang dan wortel ke dalam saus japanese curry yang sedang dididihkan tadi dan aduk rata.
—Terus panaskan hingga saus mendidih. Kemudian kecilkan api dan panaskan saus terus menggunakan api kecil sementara kamu menggoreng chicken katsu-nya.

—Panaskan minyak di dalam penggorengan yang agak besar. Tuang minyak sayur agak banyak agar chicken katsu bisa terendam saat digoreng.
—Jika tak punya penggorengan yang besar dan dalam, kamu bisa menggunakan penggorengan biasa dan memasukkan minyak sekitar 50 persen dari tinggi chicken katsu.
—Syaratnya, selama menggoreng kamu harus terus menyiramkan minyak panas ke bagian atas chicken katsu agar matangnya merata.
—Untuk menggoreng chicken katsu harus pintar mengontrol api agar chicken katsu punya warna yang cantik tapi bagian dalamnya matang merata. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 12 menit agar chicken katsu matang. Gunakan api sedang.
—Sedikit tips dari Chef Dena, kamu juga bisa menggunakan paha ayam filet sebagai pengganti dada ayam jika menginginkan chicken katsu yang lebih empuk. Namun tantangannya, katsu akan lebih tebal dan sedikit lama serta rumit proses menggorengnya.
—Jika chicken katsu sudah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian potong-potong ayam sesuai selera dan sisihkan terlebih dahulu.
—Selanjutnya waktunya penataan. Pertama, siapkan dan tata nasi ke atas piring. Kemudian letakkan chicken katsu yang sudah dipotong-potong sesuai selera di atas nasi.
—Lalu siram saus kari ke atas chicken katsu. Chicken katsu dengan saus Japanese curry pun siap disajikan. (travel.kompas.com)